alexametrics

Tinjau ke Kampung Rambutan, Anies: 15 Persen Sopir Tak Layak Jalan

1 Juni 2019, 14:19:35 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau arus mudik 2019. Kali ini dia mengunjungi terminal bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (1/6). Selain mengecek kondisi armada bus, dia juga turut menyapa pemudik.

Saat tiba, pemudik terlihat mulai mengerumuni Anies. Mereka meminta berjabat tangan sekaligus berfoto selfie dengan orang nomor satu di Jakarta itu. Tak canggung Anies pun melayaninya dengan baik. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyempatkan diri memasuki salah satu armada bus jurusan Jakarta-Sumedang yang akan berangkat. Di situ dia menyapa para pemudik.

Anies mengatakan, seluruh komponen penyelenggara mudik di terminal Kampung Rambutan sudah dalam keadaan siap. Mulai dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, TNI-Polri, hingga posko kesehatan untuk pemeriksaan supir bus.

“Kita lihat juga posko kesehatan menjadi hal yang penting memastikan pengemudi fit untuk membawa kendaaraan karena yang dibawa adalah orang-orang yang rencana mudik ingin bertemu keluarga,” ujar Anies.

Dalam inspeksi kali ini, Anies mendapat laporan ada 15 persen pengemudi yang tidak layak jalan. Hanya saja dalam bentuk jumlah satuan Anies tidak menjabarkannya. Pengemudi yang tak laik jalam ini kemudian dibatalkan untuk perjalanan demi keselamatan penumpang.

TERUS BERTAMBAH: Lonjakan jumlah pemudik terpantau di Terminal Purabaya kemarin. (Hariyanto Teng/Jawa Pos)

“Tadi ditemukan ada 15 persen tidak layak untuk mengemudikan, kita bersyukur bisa mengidentifikasi itu. Karena kalau tidak berisiko kecelakaan di jalan,” imbuhnya.

Pengemudi yang tak laik jalan kebanyakan dalam kondisi tekanan darah tinggi karena kurang tidur. Ada juga yang mengalami gula darah tinggi.

Dari data Terminal Kampung Rambutan sendiri diketahui sejak H-7 sampai H-5 lebaran setidaknya ada 33.197 penumpang yang berangkat dari sini. Dengan rincian, 8.480 penumpang pada 29 Mei, 12.741 penumpang pada hari berikutnya dan 11.976 pada hari kemarin 31 Mei.

Dalam kunjungan kali ini Anies turut didampingi, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy, Kepala Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Adi Wibowo dan sejumlah pejabat lainnya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat berdasar dara Operasi Ketupat Jaya 2019 hari ketiga kemarin, yakni 31 Mei 2019 ada sebanyak 434 bus berangkat dari Terminal Kampung Rambutan ke luar ibu kota. “Dengan keberangkatan penumpang 12.741,” kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi M Nasir saat dikonfirmasi, sabtu 1 Juni 2019.

Nasir menyebut, jika dibanding tahun lalu, ada penurunan pemudik menggunakan bus lewat Terminal Kampung Rambutan dihari ketiga Operasi Ketupat Jaya digelar. Pada tahun 2018 tercatat ada 745 bus yang berangkat dengan jumlah penumpang 16.098.

“Artinya ada penurunan sebesar 42 persen pada keberangkatan bus kemudian penurunan di penumpang sekitar 21 persen,” katanya.

Kemudian, dia menambahkan pada hari ketiga Operasi Ketupat Jaya 2019 tercatat ada 747 bus datang ke Terminal Kampung Rambutan dengan membawa 8.365 penumpang. Jumlah ini lebih sedikit dari tahun lalu yang mencapai 1.153 bus dengan membawa 11.702 penumpang.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads