Kemendes PDTT Dorong Pengembangan Ekonomi Wilayah dengan E-Commerce

01/06/2018, 06:32 WIB | Editor: Mochamad Nur
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Terobosan baru dilakukan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) untuk menggerakan perekonomian di daerah. Lewat program Akademi Desa, seluruh perangkat desa, digaet untuk memajukan perekonomian desa dengan mengembangkan e-commerce untuk membantu pemasaran produk pedesaan.

"Kita mendorong desa bisa memasarkan hasil-hasil produksi secara online, yakni lewat e-commerce," Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo saat berkunjung ke Desa Gegesik Lor, Cirebon, Jawa Barat Kamis (31/5).

Dalam kunjungannya, Eko mengumpulkan para kepala desa dan warga sekitar untuk berdialog tentang berbagai persoalan yang dihadapi warga. Dalam dialog terungkap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, termasuk persoalan memasarkan produk pedesaan.

Kemendes PDTT, kata Eko, akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mengajak pemangku kepentingan di desa seperti kepala desa untuk ikut pelatihan Akademi Desa. Menurutnya, modulnya telah disempurnakan bersama.

Sebelumnya, Kemendes PDTT telah dikembangkan Badan Usama Milik Desa (BUMDes) dan Prokades dan pengembangan embung-embung untuk mendukung perekonomian di seluruh wilayah pedesaan.

Sejumlah langkah yang dilakukan, khususnya dalam pengembangan e-commerce bisa mendorong kemajuan perekonomian di wilayah dengan mengedepankan keunggulan daerah.

(nas/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi