alexametrics

Hujan Abu dan Pasir, BPBD Bagikan 14 Ribu Masker

1 Juni 2018, 05:49:00 WIB

JawaPos.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali membagikan 14 ribu masker kepada warga terdampak erupsi gunung Merapi yang terjadi, Jumat (1/6) pagi. Sedikitnya ada tujuh Desa di Selo yang terdampak erupsi merapi, salah satunya yakni Desa Tlogolele. 

Kepala BPBD Kabupaten Boyolali Bambang Sinungharjo mengatakan, pembagian masker difokuskan pada wilayah yang terdampak. Untuk wilayah Boyolali, Kecamatan Selo menjadi daerah terdampak hujan abu serta pasir dari erupsi dengan ketinggian kolom mencapai 6.000 meter tersebut.

“Warga yang terdampak seperti di Selo kami berikan masker, karena terjadi hujan pasir dan abu,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Jumat (1/6). 

Pria yang akrab disapa Sinung ini menambahkan, diantara tujuh desa di Kecamatan Selo yang terdampak erupsi, Desa Tlogolele menjadi yang paling parah. Ini terjadi lantaran, lokasi desa tersebut sangat dekat dengan gunung Merapi.

“Untuk pembagian masker kami lakukan secara bertahap. Kemarin malam kami sudah membagikan sekitar 8 ribu masker kepada warga. Dan ini tadi ditambah 6 ribu masker lagi,” urainya. 

Mengenai kondisi gunung Merapi sendiri, Sinung mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pemantauan. Terutama jika nantinya berbahaya, pihaknya juga akan menginstruksikan kepada warga agar segera meninggalkan rumah untuk mengungsi di tempat penampungan pengungsian sementara (TPPS) yang sudah disiapkan.

“Untuk erupsi yang terjadi arahnya ke barat, dan nanti kalau harus mengungsi langsung kami minta warga untuk mengungsi, ” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Hujan Abu dan Pasir, BPBD Bagikan 14 Ribu Masker