alexametrics

Gunung Merapi Erupsi, Solo Hujan Abu Tipis

1 Juni 2018, 19:39:50 WIB

JawaPos.com – Kota Solo ikut terdampak akibat erupsi Gunung Merapi pada Jumat (1/6) pagi. Hujan abu dengan skala rendah atau tipis terjadi di kawasan Kota Solo sekira pukul 15.30 WIB. Meski begitu, kondisi ini tidak banyak berpengaruh pada aktivitas masyarakat Solo dan sekitarnya. 

Salah seorang warga Solo, Bayu, 32, mengungkapkan, dirinya tidak mengetahui jika abu vulkanik gunung Merapi sampai Solo. Dia baru sadar saat akan menggunakan sepeda motornya. Dan ternyata ia mendapati sepeda motor banyak abu vulkanik.

“Kalau secara langsung tidak terlihat, karena mungkin tipis. Baru kelihatan di jok motor terlihat ada rintikan abu tipis,” katanya. 

Meski begitu, ia tidak merasa terganggu dengan adanya hujan abu vulkanik ini. Karena skalanya masih rendah. Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Eko Prajudhy Noor Aly mengatakan, kemungkinan Kota Solo terdampak abu vulkanik gunung Merapi memang mungkin. Tetapi, tidak mengganggu aktivitas warga.

“Arah angin ke barat, jadi kalau Solo terkena abu vulkanik paling tipis dan tidak mengganggu,” ucapnya. 

Eko mengimbau kepada seluruh warga yang beraktivitas di luar ruangan untuk tetap mengenakan masker. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hujan abu yang tidak terlihat. Saat ini, Eko menambahkan, sejumlah personel dari BPBD Solo dikirim ke ke Boyolali guna membantu penanganan warga yang terdampak erupsi.

“Kami mengimbau kepada warga untuk tetap mengenakan masker saat beraktivitas, ” katanya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Gunung Merapi Erupsi, Solo Hujan Abu Tipis