alexametrics

Hendak Bawa Lari Ratusan Sarung dan Sajadah, Seorang Penipu Diamankan

1 April 2019, 18:40:30 WIB

JawaPos.com – Hendri Nofrijon alias Jon, 56, digiring ke Mapolsek Pekanbaru Kota. Ia dilaporkan oleh Muhammad Fathoni Usman, 26, karena diduga telah melakukan penipuan. Modus yang dilakukan pelaku, dengan memesan ratusan kain sarung dan sajadah dan hendak membawa barang itu kabur tanpa membayarnya.

Kapolsek Pekanbaru Kota AKP Henny Irawati mengatakan, peristiwa itu terjadi akhir pekan lalu. Di mana saat itu, Jon mendatangi salah satu toko perlengkapan salat di Pasar Pusat, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau.

“Tersangka menanyakan baju kokoh murah kepada karyawan toko di sana. Kemudian dia meminta nomor handphone karyawan itu lalu pergi,” kata Henni, Senin (1/4).

Tak lama setelah itu, Jon menghubungi karyawan tersebut. Dia memesan barang berupa, 10 kodi kain sarung, 6 kodi sajadah. Barang-barang itu, diminta tersangka untuk diantarkan ke Toko Tiga Dara Komplek Giant Panam dan akan dibayar di tempat.

Tak langsung percaya, karyawan toko itu langsung menghubungi pemilik Toko Muhammad Fathoni. Di mana sebelumnya, pemilik toko tersebut pernah tertipu setelah ada seseorang yang memesan barang dengan jumlah banyak namun tidak membayarnya.

“Menimbang kejadian itu, korban sendiri yang pergi ke alamat yang disebutkan tersangka. Dalam perjalanan, tersangka menghubungi korban dan memintanya untuk mengantarkan barang itu ke salah satu masjid di Jalan Bakti,” sebut AKP Henny.

Korban lalu menuju ke masjid itu. Ada sekitar 100 helai kain sarung, 60 helai sajadah yang diturunkan korban ke sana. Setelah barang diturunkan, tersangka mencari oplet untuk membawa barang-barang pesanannya itu.

“Saat barang dimasukkan, oplet itu hendak pergi tapi dicegat korban untuk meminta bayaran. Tersangka berusaha melarikan diri, namun berhasil diamankan korban dan dibawa ke Mapolsek Pekanbaru Kota,” ujarnya.

Untuk saat ini, tersangka bersama barang bukti berupa ratusan kain sarung dan sajadah milik korban sudah diamankan di Mapolsek untuk tindak lanjut. “Kami sedang melakukan penyidikan kemana hendak dibawa barang itu dan apa motifnya melakukan penipuan,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Virda Elisya

Copy Editor :

Hendak Bawa Lari Ratusan Sarung dan Sajadah, Seorang Penipu Diamankan