alexametrics

Gibran Terima Arahan Presiden Terkait Covid-19 hingga Infrastruktur

1 Maret 2022, 19:16:24 WIB

JawaPos.com–Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku menerima arahan dari Presiden Joko Widodo mengenai berbagai hal. Mulai dari pembangunan infrastruktur hingga penanganan Covid-19 di Solo.

”Ada tentang pembangunan, misalnya IKM Gilingan, Solo Technopark, Balekambang, koridor Gatot Subroto, dan masjid (Masjid Raya Sheikh Zayed Solo). Kalau masjid kan bisa on time (selesai pembangunan),” kata Gibran seperti dilansir dari Antara di Solo, Selasa (1/3).

Selain itu, menurut dia, pembangunan juga akan dilakukan di perusahaan rekaman Lokananta dan Taman Satwa Taru Jurug. Disinggung mengenai keinginan sejumlah pedagang mebel di Pasar Gilingan untuk bisa bertemu, Gibran mengatakan, akan dijadwalkan.

”Ya nanti dijadwalkan,” ucap Gibran.

Sementara itu, mengenai penanganan Covid-19, Gibran mengatakan, hingga saat ini masih terus berjalan. Kota Solo masih akan tetap menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dari sebelumnya level 2.

”Kalau penurunan PPKM kayaknya belum. Ini (kasus Covid-19) masih fluktuatif, kita lihat 1–2 minggu ke depan. Ini kan kasusnya sudah melebihi Delta kemarin, harapannya sudah puncak, namun kelihatannya masih fluktuatif,” terang Gibran.

​​​​​​Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surakarta Ahyani menambahkan, hingga saat ini, Kota Solo masih di level 3 sampai 7 Maret. ”Berlaku sampai seminggu ke depan, untuk evaluasi PPKM level 3 kemarin trennya pernah naik (jumlah kasus) terus turun lagi. Sekarang kasusnya mulai melandai,” ujar Ahyani.

Dia mengatakan, saat ini pasien Covid-19 di isolasi terpusat tersisa 28 orang di Graha Wisata dan Ndalem Priyosuhartan. ”Isoter masih terus diaktifkan sampai kasusnya nol. Kalau untuk BOR rumah sakit masih tinggi, sekitar 70 persen dari sekitar 600 bed,” papar Ahyani.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat pulang ke Solo untuk melayat salah satu pamannya yang meninggal pada Minggu (27/2) malam. Selama berada di Solo, Gibran yang juga merupakan putra sulung presiden terlihat mendampingi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Saksikan video menarik berikut ini: