alexametrics

Suami Tak di Rumah, Perampok Bengal Borgol Bunda dan Anaknya

1 Maret 2019, 05:00:31 WIB

JawaPos.com – Aksi kriminal perampok bengal lagi-lagi terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Kali ini menimpa warga di Jalan RE Martadinata Kelurahan Mekar Sari, Balikpapan Tengah, Kamis (28/2).

Pelakunya melakukan tindak kekerasan terhadap korbannya. Sebut saja Bunda (bukan nama sebenarnya), ibu rumah tangga berusia 35 tahun dan anaknya berinisial A, 10. Sekira pukul 03.00 Wita, keduanya terlelap tidur di kamar.

Namun Bunda terbangun ketika pintu kamar yang tak dikunci tiba-tiba dibuka dari luar. Seorang pria bertopeng masuk dan langsung mengancam. “Kami tak bisa teriak. Orangnya (pelaku) ancam pakai pisau,” kata Bunda sebagaimana diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group), Jumat (1/3).

Selanjutnya pelaku memborgol dirinya dan anaknya. Kedua mulut keduanya juga dilakban. Dengan posisi tangan terikat di belakang, Bunda diseret dan diminta menunjukkan di mana dirinya menyimpan benda berharga.

Saat diseret itu, pakaian yang dikenakannya robek. Melihat hal tersebut, pelaku bertambah beringas. “Kepala belakang saya lalu dipukul,” ucapnya.

Tak ingin mendapatkan penganiayaan lagi, korban akhirnya mau memberikan perhiasannya. Berupa emas, satu unit telepon pintar, uang tunai Rp 350 ribu dan kunci sepeda motor. Setelah itu pelaku langsung kabur melalui pintu depan.

Rupanya ada pelaku lain yang sedang menunggu. Pasalnya, terdengar suara knalpot di luar rumah ketika pelaku kabur. “Kalau kerugian ditaksir mencapai Rp 7 – 8 juta,” ujar Bunda.

A yang pertama kali bisa melepas borgol langsung melepas lakban di mulutnya. Setelah bebas, A langsung berteriak meminta pertolongan ke tetangga. Warga yang mendengar itu langsung berkumpul. Mereka kemudian membebaskan Bunda dari borgol.

“Dapat kabar setelah ditelepon. Saya berharap pelaku semoga segera ditangkap,” ujar suami Bunda yang saat kejadian tidak ada rumah karena berjualan di Pasar Sepaku, Penajam Paser Utara.

Setelah adanya laporan, tim dari Reskrim Polres Balikpapan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta menyebut pihaknya sudah mengantongi ciri-ciri pelaku berdasarkan keterangan korban. Sementara pelaku masih diburu. “Sudah ambil sidik jari dan olah TKP” ungkap Wiwin.

Editor : Fadhil Al Birra

Suami Tak di Rumah, Perampok Bengal Borgol Bunda dan Anaknya