alexametrics

Besok, Ahmad Dhani Batal Bebas

1 Maret 2019, 15:07:50 WIB

JawaPos.com – Masa penahanan musisi Ahmad Dhani Prasetyo selama 30 hari akan habis, Sabtu (2/3). Sebelumnya, Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta menetapkan penahanan Ahmad Dhani setelah majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memvonisnya 1,5 tahun penjara. Adapun kasusnya ujaran bernada menyinggung suku, agama dan ras (SARA) seperti diatur dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Ahmad Dhani sebenarnya bisa bebas demi hukum karena masa tahanannya habis. Namun melalui surat tertanggal 19 Februari 2019, PT DKI Jakarta telah memperpanjang masa penahanannya selama 60 hari. Praktis, Ahmad Dhani batal menghirup udara bebas.

“Memperpanjang penahanan terdakwa Ahmad Dhani Prasetyo dalam Rumah Tahanan Negara untuk paling lama 60 hari terhitung sejak 2 Maret 2019 sampai 30 April 2019,” tulis surat yang ditandatangani Wakil Ketua PT DKI Jakarta Syahrial Sidik.

Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) Richard Marpaung menyatakan, surat penetapan tersebut sudah diberitahukan pihak Kejari Jaksel ke Rutan Klas 1A Medaeng, Surabaya. Jaksa juga sudah memberitahukan perpanjangan penahanan kepada terdakwa dan keluarganya.

Meski Ahmad Dhani menolak menandatangani perpanjangan penahanan, jaksa tetap tidak bergeming. Ahmad Dhani tetap tidak bisa bebas. “Jaksa hanya bertanggung jawab memberitahukan kepada yang bersangkutan dan keluarganya. Kalau menolak tandatangan, tidak masalah. Kami lakukan upaya paksa,” kata Richard.

Sekadar informasi, Ahmad Dhani mulai ditahan sejak 31 Januari 2019 di Lapas Cipinang, Jakarta. Penahanan pentolan Dewa 19 ini kemudian dipindahkan ke Rutan Kelas IA Medaeng, Surabaya. Hal itu dilakukan setelah Kejati Jatim meminjam Ahmad Dhani ke Kejari Jaksel untuk menjalani persidangan di PN Surabaya kasus dugaan pencemaran nama baik.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Lugas Wicaksono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Besok, Ahmad Dhani Batal Bebas