alexametrics

475 Ribu Warga Sulsel Belum Terdaftar PBI BPJS Kesehatan

1 Maret 2019, 19:31:16 WIB

JawaPos.com- Deputi Direksi BPJS Kesehatan Sulawesi-Maluku I Made Puja Yasa menyebut ratusan ribu keluarga miskin di Sulawesi Selatan (Sulsel) belum masuk dalam program Penerima Bantuan Iuran (PBI). Hal tersebut disampaikan I Made saat bertemu dengan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, di Makassar, Jumat (1/3).

“Berdasarkan data, PBI khusus masyarakat miskin ini masih ada data yang belum masuk. Jumlah yang nonJKN masih ada 475 ribu orang di Sulsel yang belum tercover,” kata I Made.

Dalam pertemuan itu Pemprov Sulsel pada prinsipnya ingin memasukkan seluruh warga miskin yang belum terdata. Namun, jumlah warga miskin yang belum masuk program PBI BPJS Kesehatan Sulsel butuh anggaran sekitar Rp 131 miliar lebih.

“Jumlah yang belum tercover itu dikalikan Rp 23.000 dikalikan 12 bulan. Jadi Pemprov Sulsel siap menambahkan kompensasi 40 persen dari pembiayaan itu, jadi 60 persen lainnya dibiayai oleh pemerintah daerah,” tambahnya.

Sejauh ini total penduduk Sulsel yang sudah masuk program JKN sebanyak 8,1 juta jiwa. Sisanya masih ada 1,4 juta jiwa yang belum masuk program tersebut. Jika berdasarkan segmen, sekitar 42 persen atau 3,3 juta jiwa itu dibiayai oleh PBI APBN. 29 persen lainnya atau 2,3 juta jiwa dari PBI APBD Provinsi Sulsel dan kabupaten/kota.

Pemprov Sulsel disarankan agar dapat memasukkan data warga miskin yang belum terdata dalam program tersebut. Terpisah, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menegaskan bahwa masalah jaminan kesehatan bagi warga miskin di Sulsel merupakan prioritas utama. Pemprov sejauh ini melakukan upaya sinkronisasi dengan BPJS.

“Kalau untuk pembiayaan kesehatan masyarakat miskin, wajib untuk kami carikan. Infrastruktur bisa menunggu, irigasi bisa menunggu, wisata bisa menunggu, kalau orang sakit, sekarat tidak ada jaminan gimana? Artinya mereka tetap top priority,” tegasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan

475 Ribu Warga Sulsel Belum Terdaftar PBI BPJS Kesehatan