alexametrics

4 Kamera Trap Dipasang Untuk Intai Pergerakan Harimau Sumatera di Inhu

1 Maret 2019, 17:15:56 WIB

JawaPos.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang 4 unit camera trap atau kamera pengintai di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Itu dilakukan, untuk mengintai pergerakan keluarga Harimau Sumatera yang terdiri dari satu indukan dan dua ekor anaknya.

Kasubbag Humas BBKSDA Riau, Dian Indiarti mengatakan, empat unit kamera pengintai tersebut dipasang di lokasi berbeda. Keempat kamera itu dipasang di Kecamatan Rengat Barat.

“Ada empat kamera yang dipasang. Dua di Desa Tanah Datar dan dua lainnya di Desa Sungai Baung,” kata Dian kepada wartawan, Jumat (1/3).

4 Kamera Trap Dipasang Untuk Intai Pergerakan Harimau Sumatera di Inhu
Tim BBKSDA Riau bersama masyarakat melakukan pengecekan di lokasi terlihatnya harimau Sumatera di Kecamatan Rengat Barat, Inhu, Riau, awal pekan ini. (Istimewa)

Dian menceritakan, kemunculan harimau itu pertama kali dilihat oleh seorang warga bernama Warsan, Senin (25/2) lalu. Saat itu dia berpapasan langsung dengan si Raja Rimba, sekitar pukul 10.00 WIB. Dia melihat ada dua anak harimau yang sedang bermain di kebun karet.

Melihat itu, Warsan mencoba mendekati kedua anak Si Belang. Tapi, sekitar 20 meter jarak dari anak harimau itu, tiba-tiba muncul seekor induk harimau dari balik semak belukar. Sontak Warsan kaget bukan kepalang. Dia langsung melarikan diri dan melaporkannya ke Kepala Desa setempat.

“Di lokasi, tim menemukan bekas semak atau rumput tempat rebahan dua ekor anak Harimau Sumatera dan satu ekor induknya. Selanjutnya, tim melakukan sosialisasi dan mengiimbau kepada masyarakat agar berhati-hati bila melakukan aktivitas di dalam kebun karet. Terutama pada pagi dan sore hari,” sebutnya.

Selain itu, diharapkan kepada masyarakat untuk tidak memasang jerat. “Karena itu melanggar hukum. Sebab, satwa Harimau Sumatera tersebut dilindungi Undang-Undang,” ucapnya.

Untuk langkah selanjutnya, tim akan berkerja sama dengan aparat setempat guna memantau pergerakan harimau. “Kamera dipasang karena sudah ada beberapa warga yang melihat sebelumnya keberadaan dan kemunculan satwa harimau tersebut. Di mana sekitar dua minggu yang lalu di Desa Sungai Baung yang berbatasan dengan Desa Tanah Datar,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Virda Elisya

Copy Editor :

4 Kamera Trap Dipasang Untuk Intai Pergerakan Harimau Sumatera di Inhu