alexametrics

33 Titik Panas Terpantau di Kepulauan Meranti

1 Maret 2019, 14:37:13 WIB

JawaPos.com – Titik panas atau hotspot di Kepulauan Meranti, Riau, meningkat di awal Maret 2019. Setidaknya ada 33 titik panas yang terdeteksi di wilayah pesisir Riau tersebut. Jumlah ini merupakan yang terbanyak di Kepulauan Meranti. Demikian menurut hasil pencitraan satelit Terra dan Aqua milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Riau.

“Titik-titik panas di Meranti sebagian besar menyebar di Kecamatan Tebing Tinggi, dan beberapa diantaranya di Tebing Tinggi Barat,” kata Kepala BMKG Pekanbaru Sukisno, Jumat (1/3).

Secara keseluruhan, terdetesi 39 titik panas di Riau. Selain di Meranti, 3 titik panas juga terdeteksi di Bengkalis. Kemudian masing-masing satu titik panas di Indragiri Hilir, Rokan Hilir, dan Pelalawan.

Dari seluruh titik panas, BMKG menyatakan 35 di antaranya sebagai titik api atau indikasi kuat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Tingkat kepercayaannya antara 70 hingga 100 persen. “Titik api terbanyak di Meranti dengan 31 titik, Bengkalis tiga titik, serta Rohil satu titik,” sebutnya.

Memanasnya wilayah Meranti bertepatan saat tim Satgas Karhutla Riau melakukan pemadaman di wilayah Pulau Rupat, Bengkalis, yang merupakan tetangga Kepulauan Meranti. Hampir 3 pekan tim melakukan pemadaman api di sana. Adapun Tim Satgas Karhutla Riau terdiri atas TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, dan masyarakat

Selain Bengkalis, tim juga tengah berjibaku dengan api di wilayah Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir. Secara geografis, wilayah itu berdekatan dengan Malaysia.

Secara umum, kondisi karhutla di wilayah pesisir Riau berangsur membaik. Kualitas udara yang sempat memburuk hingga kondisi berbahaya di Rupat dan Dumai sepanjang Februari 2019, kini berangsur pulih. Tim gabungan hingga kini masih terus berjibaku melakukan upaya pemadaman di wilayah kebakaran.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Virda Elisya

33 Titik Panas Terpantau di Kepulauan Meranti