JawaPos Radar

Penasaran, Ini Spesifikasi Kereta LRT Palembang

Pertama di Indonesia

01/03/2018, 22:01 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Desain Kereta LRT Palembang
Desain Kereta LRT Palembang (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Light Rail Transit (LRT) di Palembang merupakan LRT pertama di Indonesia. Karena itu, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memastikan LRT ini berfungsi secara optimal dengan mendatangkan kereta khusus dari Kota Madiun.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Palembang dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Suranto mengatakan spesifikasi kereta yang nantinya akan didatangkan yakni berukuran panjang mencapai 12 meter, lebar 2,6 meter dan tinggi mencapai 3,6 meter.

Kereta ini nantinya sedikit berbeda karena dibuat lebih mancung di bagian depan agar lebih aerodinamis. Kemudian interior di dalam kereta pun akan lebih mewah dengan warna biru serta ada tempat duduk khusus penyandang disabilitas.

Untuk total penumpang yang akan diangkut, LRT ini dapat mencapai 534 orang termasuk penumpang yang berdiri. "Nantinya corak kereta ini juga lebih sedikit seperti yang disarankan oleh Gubernur Sumsel," katanya saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (1/3).

Selain itu, sambung Suranto untuk mesin penggerak kereta nantinya ada dua yakni berada di depan dan di belakang sehingga kereta nantinya dapat maju dan mundur. Sedangkan untuk kecepatan kereta ini dapat mencapai 100 kilometer per jam. Namun, untuk penggunaannya maksimum hanya 85 kilometer per jam mengingat banyaknya lengkungan lintasan.

"Kereta ini juga dibuat dari bahan alumunium double skin sehingga tidak mudah berkarat dan bertahan lama," terangnya.

Ia mengaku, kereta ini nantinya akan didatangkan secara bertahap dimana untuk tahap pertama pada bulan Maret, kemudian tahap kedua pada bulan Juli mendatang. Pada tahap pertama, kereta yang akan didatangkan hanya dua train set dari delapan train set. Sedangkan, sisanya akan didatangkan pada tahap kedua. 

"Nantinya kereta yang didatangkan ini belum langsung dioperasional melainkan baru uji coba. Sedangkan operasionalnya baru akan dilakukan pada awal Agustus mendatang. Kami harap LRT ini mampu menjadi kendaraan massal yang sangat baik dalam mengurangi kemacetan di Kota Palembang terutama saat Asian Games," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up