alexametrics
Jelang Imlek 2019

Terbakar 5 Tahun Lalu, Vihara Dharma Bhakti Masih Butuh Perbaikan

1 Februari 2019, 06:10:54 WIB

JawaPos.com – Sejak peristiwa kebakaran Vihara Dharma Bhakti pada 2 Maret 2015 yang lalu, ternyata kondisinya saat ini masih perlu mendapat perhatian dari pemerintah. Pasalnya masih banyak bangunan yang belum dibangun kembali.

Salah satu pengurus Vihara, Bun menjelaskan kebakaran tersebut telah menghanguskan altar utama. Kokohnya material kayu penyangga, membuat tembok pintu masuk vihara terlihat berdiri tegak.

“Dulu kebakaran iya, sebagian patung kebakar, sebagian lagi nggak. Ini cagar budaya Jakarta, kan bantuan materil sih nggak ada,” jelas Bun saat ditemui di lokasi, Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Kamis (31/1).

Terbakar 5 Tahun Lalu, Vihara Dharma Bhakti Masih Butuh Perbaikan
Jelang Imlek Vihara Dharma Bhakti mulai berbenah (Reyn Gloria/JawaPos.com)

Vihara yang diketahui sudah berumur lebih dari 400 tahun ini dan telah menjadi cagar budaya Jakarta, sudah seharusnya mendapat perhatian dari pemerintah. Namun, Bun menyatakan tidak mementingkan hal tersebut.

“Tapi yang penting pemerintah bantu saja, dipermudah izin-izin, soalnya kalau perbaikan sih kami yakin swadaya bisa. Umat-umat juga saya yakin maulah, bangun kembali,” tutur Bun.

Di dalam vihara masih terlihat ada bekas gosong di beberapa titik, walaupun tidak menghalangi aktivitas peribadatan. Beberapa patung juga masih dalam proses perbaikan.

“Kalau wilayah bangunan yang Dharma Sakti sudah dua kali renov dan cat tiap tahun. Tapi kalau Dharma Bhakti sedang menunggu renovasi patung,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Terbakar 5 Tahun Lalu, Vihara Dharma Bhakti Masih Butuh Perbaikan