alexametrics

Ramai Kasus Pembakaran Kendaraan, Ganjar: Jangan Ganggu Jawa Tengah

1 Februari 2019, 14:33:19 WIB

JawaPos.com – Kasus percobaan pembakaran kendaraan ternyata tak hanya terjadi di Kota Semarang, namun juga di beberapa daerah sekitarnya. Hal ini lantas memancing perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Menurut informasi yang dihimpun, aksi pembakaran kendaraan ini turut terjadi di Kabupaten Kendal serta Kabupaten Semarang. Namun, yang terbanyak memang Kota Semarang dengan total 13 kasus hingga hari Jumat (1/2) ini.

“Kok ini kejadiannya di beberapa titik. Jangan sampai ada yang mengganggu Jawa Tengah,” kata Ganjar saat dijumpai di Gedung Gradhika, Komplek Gubernuran, Jumat (1/2).

Pembakaran Kendaraan
Sudah ada 13 kejadian serupa di Kota Semarang terhitung sejak Januari 2019 ini. Sasarannya, yakni 12 kendaraan roda empat dan satu kendaraan roda dua. (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

Ganjar mengatakan dirinya telah berkoordinasi dengan Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono. Ia berharap kepolisian segera bergerak cepat dan bertindak tegas dalam mengungkap aktor serta motif di balik peristiwa yang meresahkan masyarakat ini.

“Polisi sedang mengejar pelakunya, mudah-mudahan satu dua yang tertangkap, nanti bisa terungkap motifnya. Apakah dendam, apakah kejahatan, apakah ada urusannya dengan pemilu,” katanya. 

“Tidak boleh ada yang mengganggu dengan kepentingan apapun, karena situasi tahun politik ini sedikit-sedikit saja sensitif,” sambungnya. 

Selain itu, Politisi PDIP tersebut berharap masyarakat juga turut aktif untuk menghalau teror tersebut dengan kembali menggalakkan siskamling. Menurutnya, cara ini cukup efektif dalam mewujudkan situasi aman dan nyaman bagi warga.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono memastikan telah menggerakkan jajarannya sampai ke tingkat Polsek. “Ini kan upaya-upaya untuk membuat resah masyarakat, ya. Jadi, doakan saja kita optimalkan dan maksimalkan untuk menanganinya. Terus, kita tingkatkan patroli rutin dari jajaran mulai polres/polrestabes sampai polsek keliling wilayahnya,” katanya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ramai Kasus Pembakaran Kendaraan, Ganjar: Jangan Ganggu Jawa Tengah