alexametrics

Indonesia Barokah Muncul di Lombok, Merata di Ponpes dan Madrasah

1 Februari 2019, 08:36:00 WIB

JawaPos.com – Setelah ditemukan di Sumbawa, Tabloid Indonesia Barokah juga ditemukan di Lombok. Komisioner Bawaslu Nusa Tenggara Barat (NTB) Divisi Data, Hukum, dan Informasi Suhardi mengatakan, persebarannya cukup merata. ”Di Lotim ditemukan masih ada di Kantor Pos, Lobar dan Mataram juga ada,” ujarnya, Kamis (31/1), sebagaimana dikutip dari Lombok Pos (Jawa Pos Group).

Manurut dia, Bawaslu pusat sudah menginstruksikan Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota untuk berkoordinasi dengan Kantor Pos di masing-masing daerah. Tak lain untuk mencegah tabloid ini beredar karena dikhawatirkan menimbulkan kegaduhan. ”Kita melakukan pencegahan. Tabloid tidak disita, tapi diserahkan ke Kantor Pos. Bisa saja nanti dikirim kembali ke alamat pengirim,” katanya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Lombok Timur Divisi Pencegahan dan Penindakan Sahnam mengaku sudah berkoordinasi dengan Kantor Pos bersama kepolisian. Bawaslu juga telah meninjau langsung gudang Kantor Pos setempat dan menemukan 1.088 eksemplar tabloid tersebut. ”Itu sudah dibungkus seperti paket,” ujarnya.

Bawaslu Lotim, lanjutnya, juga menemukan 60 eksemplar tabloid yang sudah didistribusikan ke enam kecamatan di Lotim. Yakni Kecamatan Jerowaru, Sikur, Montong Gading, Suela, Sakra, dan Masbagik. ”Ini temuan panwascam setelah melakukan investigasi. Rata-rata ini ditemukan di pondok pesantren (ponpes),” jabarnya.

Menurut Sahnam, dari hasil kajian yang dilakukan Bawaslu RI memang tidak ada unsur pelanggaran dalam tabloid tersebut. Tetapi Bawaslu harus melakukan pencegahan agar tidak menimbulkan opini dan asumsi yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Lobar Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Sengketa Lalu Arjuna mengatakan, pihaknya juga menemukan Tabloid Indonesia Barokah. ”Ada beberapa yang kita temukan di ponpes dan madrasah yang ada di Gerung,” katanya.

Sementara Ketua Bawaslu Lombok Utara Adi Purmanto juga mengaku menemukan 15 eksemplar tabloid yang sama. ”Tabloid ini ditemukan di lima masjid dan pondok pesantren yang ada di Desa Rempek, Kecamatan Gangga,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Mataram Hasan Basri juga mengatakan hal senada. Pihaknya sudah menemukan beberapa eksemplar tabloid Indonesia Barokah di ibu kota provinsi ini . ”Kita temukan di Kecamatan Sandubaya. Ada enam eksemplar,” pungkasnya.

Editor : Fadhil Al Birra



Close Ads
Indonesia Barokah Muncul di Lombok, Merata di Ponpes dan Madrasah