alexametrics
Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye

Bawaslu Teruskan Berkas Ketum PA 212 ke Penyidik Polresta Solo

1 Februari 2019, 19:05:29 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo meneruskan berkas dugaan pelanggaran kampanye dengan terlapor Ketua Umum (Ketum) Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif ke Polresta Solo. Langkah ini menyusul ditemukannya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh terlapor saat menghadiri kegiatan Tablig Akbar PA 212, di Solo beberapa waktu lalu. 

“Tujuan kami datang ke sini (Mapolresta) adalah meneruskan ke penyidik terkait hasil pembahasan kedua Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu),” terang Komisioner Bidang Penindakkan Pelanggaran Bawaslu Solo, Poppy Kusuma kepada JawaPos.com usai meneruskan berkas, Jumat (1/2).

Poppy melanjutkan, bahwa dalam pembahasan kedua tersebut ditemukan adanya dugaan pelanggaran tindak pidana yang dilakukan oleh terlapor sudah terpenuhi unsur-unsurnya. Maka dari itu, lanjutnya, Bawaslu pun meneruskan ke Polresta Solo untuk menindaklanjuti kasus dugaan tindak pidana tersebut. “Kalau posisi Bawaslu adalah sebagai pelapor dan meneruskan hasil kajian,” ucapnya.

Komisioner Bidang Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Solo, Poppy Kusuma.
Komisioner Bidang Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Solo, Poppy Kusuma. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Poppy juga mengatakan, bahwa sedikitnya ada 13 poin yang ikut dilampirkan terkait dengan penelusuran. Dan itu sudah diatur dalam peraturan Bawaslu Nomor 31 tahun 2019. 

Pada kesempatan yang sama, Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Fadli membenarkan adanya laporan dari Bawaslu terkait adanya dugaan pelanggaran kampanye. “Kami sudah menerima laporannya, dan kami akan memeriksa kelengkapan formulir dari laporan tersebut,” ungkapnya.

Fadli juga mengatakan, pihaknya siap untuk menindaklanjuti mengenai laporan tersebut dan akan melakukan proses hukum secara profesional. “Nanti kami juga akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, baik dari pelapor, terlapor dan juga saksi-saksi yang saat kejadian berada di lapangan. Mudah-mudahan bisa secepatnya selesai,” pungkas dia.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo



Close Ads
Bawaslu Teruskan Berkas Ketum PA 212 ke Penyidik Polresta Solo