JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tak Mau Ketinggalan, Komunitas Fotografi Ikut Abadikan Gerhana Bulan

01 Februari 2018, 03:30:59 WIB | Editor: Budi Warsito
Tak Mau Ketinggalan, Komunitas Fotografi Ikut Abadikan Gerhana Bulan
Salah seorang fotografer tampak tengah mengabadikan Gerhana Bulan Total di Tugu Zapin, Pekanbaru, Rabu (31/1) malam. (Virda Elisya/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Fenomena gerhana bulan total yang terjadi memang sangat menyita perhatian banyak pihak. Salah satunya adalah Komunitas Fotografi Pekanbaru (KFP). Mereka pun tak mau melewatkan begitu saja gerhana bulan tersebut.

Untuk mengabadikan fenomena yang terjadi 150 tahun sekali ini, mereka memilih Tugu Zapin yang terletak di depan Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman. Tempat itu dipilih sebagai spot mengabadikan momen langka Gerhana Bulan Total (GBT), Rabu (31/1) malam.

Sekretaris KFP Pekanbaru Erwin mengungkapkan, Tugu Zapin merupakan salah satu spot terbaik di Kota Pekanbaru untuk mengambil foto GBT tersebut.
"Sebelumnya kami ingin ke Bukit Bintang. Setelah kami kaji ulang, rupanya spot di pusat kota pun banyak yang dapat diambil. Jadi kami memilih di Tugu Zapin," ungkap Erwin kepada JawaPos.com.

Selain di tugu ini, ada beberapa spot lainnya yang juga dinilai bagus untuk dijadikan tempat pengambilan foto Super Blue Blood Moon.
"Ada beberapa spot lainnya sih, seperti di Jembatan Leton, Mal SKA, Stadion Utama Panam dan lainnya. Tapi kalau stadion kan sepi jadi kami memusatkannya disini dan teman yang lain menyebar," jelasnya.

Untuk mengabadikan momen langka ini, Erwin menggunakan kamera DSLR dengan focal lenght 18-200. "Kalau biasa motret bulan itu minimal lensa 70-300 dan alat pendukungnya agar tidak mis focus. Di sarankan memakai tripod. Saya pakai kamera DSLR dengan focal lenght 18-200," katanya.

Erwin juga mengungkapkan, memotret GBT diperkirakan puncaknya sekitar pukul 21.29 WIB. Untuk GBT di Pekanbaru sendiri cukup bagus meskipun tertutup dengan asap.

(ica/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up