alexametrics

Tidak Terkait Vaksin, Dinkes Jombang Tak Tahu Penyebab Kematian Bayu

1 Januari 2022, 12:55:12 WIB

JawaPos.com – Polemik terkait penyebab kematian Bayu M Bayu Setiawan, 12, siswa kelas 6 SDN Gedangan Mojowarno yang meninggal sehari usai menjalani vaksinasi Covid-19 belum menemui titik terang. Pasalnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang menyebut kematian pelajar asal Dusun Bendungrejo tak ada kaitannya dengan vaksinasi.

Kepala Dinkes Jombang, drg Budi Nugroho, menjelaskan kematian M Bayu Setiawan, siswa SDN Gedangan Mojowarno yang meninggal dunia sehari usai mengikuti vaksinasi, tak ada hubungannya dengan vaksinasi. Meski begitu, ia mengaku tidak tahu penyebab kematiannya.

”Jadi setelah kita zoom meeting bersama Komda KIPI Jombang, Provinsi Jatim dan Komnas KIPI, hasilnya kematian itu tidak ada kaitannya dengan vaksinasi yang dilakukan,” terangnya seperti dikutip Radar Jombang (Jawa Pos Group), Sabtu (1/1).

Namun, saat disinggung soal indikator apa yang disampaikan sehingga muncul kesimpulan itu, Budi tak bisa menjawab dengan terang. Pihaknya hanya menerima pernyataan yang disampaikan dalam rapat. “Kami hanya menerima pernyataan itu, secara teknis wilayah medis. Kami cuma ditugasi mencari data dan kita tambahi telusur data lagi,” lanjutnya.

Begitupun ketika ditanya soal penyebab pasti kematian Bayu selain karena vaksin, Budi kembali menjawab tidak tahu. Menurutnya, hal itu juga tidak disampaikan pihak Komda Jatim maupun Komnas KIPI dalam rapat bersama. “Tidak disampaikan penyebabnya apa, belum diketahui penyebab yang sesungguhnya. Karena itu wilayah medis karena beliau-beliau yang mencermati data,” lontarnya.

Setelah kejadian itu, pihaknya akan melakukan evaluasi berkaitan dengan pelaksanaan vaksinasi, khususnya untuk anak-anak. “Kami akan menegaskan ke jajaran kesiapsiagaan lagi, khususnya untuk usia 6-11 tahun. Artinya setelah vaksinasi harus ada pengawasan, seperti efek setelah vaksin harus segera melaporkan ke tenaga kesehatan,” tambah dia.

Budi menolak berkomentar banyak ketika disinggung soal kasus terbaru meninggalnya siswa SDN Catakgayam 1 setelah menerima vaksin. “Untuk yang Catakgayam nanti akan disampaikan ibu bupati,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, M Bayu Setiawan, 12, siswa kelas 6 SDN Gedangan di Kecamatan Mojowarno, meninggal dunia (28/12). Siang harinya, warga Dusun Bendungrejo, Desa/Kecamatan Jogoroto ini mengikuti vaksinasi di Puskesmas Mojowarno. Pada malam harinya, mendadak demam tinggi dan muntah-muntah. Korban sempat dilarikan ke Puskesmas Mayangan, namun nyawanya tak tertolong.

Editor : Bintang Pradewo

Saksikan video menarik berikut ini: