alexametrics

Tahun Baru, Sampah di Solo Mencapai 6 Ton, 367 Petugas Dikerahkan

Melonjak Dua Kali Lipat
1 Januari 2019, 16:35:46 WIB

JawaPos.com – Pergantian malam tahun baru di Kota Solo turut berdampak pada peningkatan volume sampah yang sangat signifikan. Tidak tanggung-tanggung dalam semalam sampah yang terkumpul mencapai 6 ton atau meningkat dibandingkan hari biasa yang hanya berkisar tiga ton saja.

Sementara itu, guna membersihkan sampah usai perayaan malam tahun baru, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo menerjunkan 367 petugas. “Kalau hari biasa paling sampahnya tiga ton, sekarang naik menjadi enam ton atau meningkat dua kali lipatnya,” ungkap Kaid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) DLH, Pompi Wahyudi, Selasa (1/1). 

Menurutnya, kenaikan sampah pada malam pergantian tahun ini sebagai hal yang wajar. Mengingat, banyak kegiatan atau acara yang digelar untuk merayakan malam pergantian tahun. Di samping itu, ribuan warga juga hadir di kawasan jalan Slamet Riyadi dan Jenderal Sudirman untuk memeriahkan malam pergantian tahun. 

“Sampah yang dihasilkan didominasi sampah plastik, seperti botol air mineral, sampah plastik makanan dan juga yang lain,” katanya.

Pompi juga mengatakan, untuk mengantisipasi banyaknya sampah yang berceceran, DLH menyiapkan sejumlah tempat sampah portabel. Tempat sampah ini ditempatkan di sekitar panggung kehormatan dan juga di beberapa titik. Keberadaan tempat sampah portabel ini cukup membantu meminimalkan banyaknya sampah yang dibuang sembarangan. 

“Untuk petugas yang diterjunkan sebanyak 367 orang, mereka mulai melakukan pembersihan setelah acara CFN rampung yakni pukul 01.00 WIB sampai selesai,” imbuh Pompi. Dan sampah yang berhasil ditampung langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Tahun Baru, Sampah di Solo Mencapai 6 Ton, 367 Petugas Dikerahkan