alexametrics

Tahun Baru, Sampah di Jatibarang Melonjak

1 Januari 2019, 15:58:18 WIB

JawaPos.com – Volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang Semarang mengalami kenaikan signifikan usai diselenggarakannya perayaaan malam pergantian tahun di sejumlah titik. Peningkatan diklaim mencapai setengah kali lipat dibanding hari biasa.

Petugas timbang TPA Jatibarang, Suprapto, mengatakan, setiap harinya ada sekitar seribu ton sampah yang dikirimkan ke TPA Jatibarang. Ia mengatakan bahwa hingga pukul 14.00 WIB, jumlah sampah yang diantar sudah mencapai kisaran 875 ribu ton.

“Jumlah seribu ton itu biasa dari jam TPA dibuka, jam 5 pagi sampai setengah 6 sore. Kalau siang ini sudah 800an ya perkiraan bisa mencapai seribu lebih. Tapi nggak terlalu banyak juga, 1.500 an lah,” ujar Suprapto saat dijumpai di lokasi,” Selasa (1/1).

Ia membeberkan bertambahnya volume sampah dikarenakan adanya penyelenggaraan perayaan tahun baru. Sehingga, jenis sampah yang tak biasanya muncul pun ditemukan usai adanya bersih-bersih pagi tadi.

“Ya selain plastik yang banyak ya kembang api. Selain itu model organik model daun-daunan juga banyak seperti hariannya. Diambil dari pasar atau sampah rumah tangga. Kecuali yang dari pabrikan itu sampahnya malah sedikit, soalnya masih libur,” katanya lagi.

Peningkatan volume sampah ini, imbuhnya diprediksi berlangsung sampai Rabu (2/1). “Karena masih banyak truk-truk yang libur. Kan beberapa swasta diajak kerjasama oleh pemkot untuk penanganan sampah ini,” sambungnya.

“Hari biasa sebenarnya 500 truk ada lah masuk sini. Tapi berhubung ini libur, lebih sedikit tapi volume angkutan per truk-nya lebih banyak,” tambahnya.

Kendati demikian, ia tak terlalu mempermasalahkan penambahan volume sampah ini. Karena, nantinya selain diproses menjadi kompos, sebagian juga bakal disuling jadi gas methan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Tahun Baru, Sampah di Jatibarang Melonjak