alexametrics

Bom Palsu Ditemukan di Cilacap, Polisi Kejar Pelakunya

1 Januari 2019, 19:55:30 WIB

JawaPos.com – Sebuah kardus mencurigakan ditemukan di seberang jalan pintu masuk RS Islam Fatimah, Jalan Ir. Juanda, Gumilir, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (1/1) dini hari. Benda terbungkus kresek yang diduga bom itu setelah diperiksa ternyata palsu.

Menurut informasi yang dihimpun, penemuan kardus bermula dari laporan seseorang ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Cilacap pada Selasa (1/1) dini hari. Berdasarkan pelapor, bom awalnya ditemukan di trotoar pintu masuk RS Fatma Cilacap.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja membenarkan info tersebut. Katanya, laporan masuk ke SPKT sekira pukul 03.00 WIB dari seseorang bernama Yulianto, 28, warga Jl. Teri Kecamatan Cilacap Selatan. Dia adalah seorang penunggu pasien.

“Yang bersangkutan melaporkan bahwa telah menemukan tas kardus dibungkus kresek berwarna kuning. Terletak di seberang jalan depan pintu masuk RS Islam Fatima yang bersebelahan dengan Mapolres Cilacap,” ujarnya melalui sambungan telepon, Selasa (1/1).

Usai mendapati informasi tersebut, petugas langsung bergerak dengan menerjunkan satu tim Penjinak Bom Subden Composite Unit III Banyumas. Tujuh personel lekas menuju ke tempat kejadian perkara.

Setelah benda tersebut digeledah, ditemukan sebuah rangkaian yang diduga dibuat seolah seperti bom. Kardus itu berisi 3 buah pralon, 2 kabel merah dan biru, 1 buah baterai, 2 buah jam beker, puluhan paku serta pasir dan genteng.

“Tidak ditemukan juga adanya inisiator atau detonator pada barang yang ditemukan. bahan peledak juga tidak ada. Hanya pasir, semen putih, dan pecahan genteng. Dan tidak terangkai sebagai sebuah bom,” kata Agus lagi.

Kabel hanya bersifat tunggal dan tidak terkoneksi kemanapun. Baik ke power maupun rangkaian jam. Sehingga, disimpulkan sementara bahwa ini adalah bom palsu.

“Belum dapat dikatakan sebagai Bom namun kami tetap menunggu hasil resmi pemeriksaan dari Labfor. Tetap dilakukan pendalaman di TKP dan pengejaran terhadap pelakunya (peletak bom palsu),” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Bom Palsu Ditemukan di Cilacap, Polisi Kejar Pelakunya