JawaPos Radar

Tulus yang Menghanyutkan, Serba Bisa Isyana, dan Solidnya JKT48

13/05/2017, 07:29 WIB | Editor: Dwi Shintia
Tulus yang Menghanyutkan, Serba Bisa Isyana, dan Solidnya JKT48
PILIHAN: JKT48, Tulus, dan Isyana. (Dok JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com – Suaranya dalam lembut menghanyutkan, syair-syair lagunya penuh makna dan bikin baper. Siapa lagi kalau bukan Tulus. Penyanyi bernama lengkap Muhammad Tulis asal Bukittinggi itu sukses membawa musiknya dicintai penikmat musik Indonesia. Dia pun menjadi pilihan voters JawaPos.com Readers Choice Awards sebagai Favorite Male Singer.

Memulai debutnya dengan merilis album Tulus pada 2011, Tulus terus meroket dengan album-album lanjutannya seperti Gajah (2013) dan Monokrom (2016). Selain kesuksesan album, pada 2016 Tulus masuk empat nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2016.

Yaitu, Kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik, Kategori Pencipta Lagu Pop Terbaik, Kategori Artis Grup/Kolaborasi Soul/R&B Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik. Serta, Kategori Pencipta Lagu Pop Terbaik untuk lagu Pamit bersama Ari Renaldi.

Sementara, untuk posisi Favorite Female Singer pilihan voters jatuh pada Isyana Sarasvati. Penyanyi muda yang baru saja memasuki usia 24 tahun pada 2 Mei lalu itu adalah penyanyi serba bisa. Tidak hanya jagoan menyanyi dalam berbagai aliran musik, Isyana juga piawai dalam memainkan alat musik.

Baru-baru ini, Isyana Sarasvati berduet dengan pianis muda Jonathan Kuo dalam konser musik klasik bertajuk “Vienna at the Turn of 19th Century” oleh Orkes Jakarta Sinfonnietta di Aula Simfonia Jakarta. Suara soprano Isyana membawakan karya Mozart berjudul Concert Aria "Ch'io mi scordi di te" dan Ganymed karya F. Schubertter dengar harmonis dengan Jonathan.

Kolaborasinya dengan Raisa Andriana juga sukses besar. Sinergi tersebut berbentuk sebuah single bertajuk Anganku Anganmu. Menurutnya, meski kolaborasi tersebut cukup menantang bagi masing-masing personal, namun mereka berhasil menciptakan karya yang enak didengar. ”Saya merasa kami itu beda banget. Makanya harus jadi dua karakter berbeda jadi komposisi yang bagus,” ucapnya mengenai karya bersamanya dengan Raisa.

Untuk Favorite Group/Band, sepertinya tidak ada yang tidak sepakat kalau voters memilih JKT48. Basis fans mereka yang kuat, kelompok yang solid dengan karya-karya musik yang easylistening, membuat JKT48 merebut hati voters. Grup enerjik ini membuat penggemarnya tidak bisa beralih ke lain hati. Penampilan mereka bikin happy yang menontonnya.

Selain itu, ada saja hal-hal baru yang selalu diluncurkan oleh JKT48. Itu terpapar jelas dalam buku karya Jurnalis Jawa Pos Dhimas Ginanjar berjudul "Laptime JKT 48: Lima Tahun Penuh Cerita." Di dalam buku itu tergambarkan perjalanan bertahan JKT48 selama lima tahun.

Lima tahun yang sama sekali tidak ada kata vakum bagi JKT48. Grup idola anak muda yang saat ini berisikan 66 member itu memiliki 16 single. Tak hanya itu, dalam kurun waktu 2011 hingga akhir 2016, JKT48 juga sudah memiliki tiga album dan pertunjukan rutin di teater yang hampir setiap hari digelar. Banyak cerita menarik yang mewarnai perjalanan grup yang baru saja merilis single ke-17 berjudul So Long! Itu.(*)

video

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up