alexametrics

Begini Cara Melindungi Hewan Peliharaan dari Hawa Panas

26 Agustus 2015, 22:25:00 WIB

JawaPos.com – Berbagai cara bisa dilakukan untuk meminimalkan efek hawa panas. Yang pertama, tentu memenuhi kebutuhan minum hewan.

Usahakan tempat minum selalu terisi dengan air sejuk yang bersih. Biasanya, hewan akan minum banyak jika merasa udara di sekitarnya memanas.

Sama seperti manusia, air bagi hewan berfungsi sebagai penyejuk tubuh dan melarutkan makanan. Jika mengajak hewan bepergian dengan mobil, tetap sediakan minuman.

Hanya, perhatikan agar tempat minum peliharaan tidak terkena matahari langsung. Sebab, kondisi tersebut akan membuat air menjadi hangat dan anjing enggan meminumnya. Karena itu, sediakan cadangan air dalam termos atau peti es.

’’Selain itu, jangan pernah tinggalkan peliharaan di dalam mobil tertutup tanpa penyejuk untuk waktu yang lama,’’ tegas Kiky.

Menyejukkan tubuh hewan juga bisa dilakukan. Caranya, semprotkan air dari slang untuk membasahi anjing. Jika hewan Anda berasal dari negara beriklim sedang atau sejuk, harus sering berada di ruangan ber-AC.

Alternatif lain, bisa mengajaknya berenang. Jalan-jalan pun bisa dilakukan saat pagi atau sore ketika cuaca hangat. ’’Pilihlah ketika sinar matahari tidak terlalu panas atau terik,’’ jelas Dian.

Ajak hewan berjalan-jalan di tempat yang banyak pepohonan atau rumput. Tujuannya, memberikan efek sejuk untuk tubuh mereka. Buat hewan merasa nyaman dengan sesekali berhenti agar bisa bernapas.

Bawa pula minuman dalam botol untuk diberikan pada peliharaan. Hewan juga membutuhkan tempat teduh dan air ketika udara mulai memanas.

Maka, peletakan kandang di rumah juga harus membuat mereka nyaman. Hindari peletakan kandang yang berdekatan dengan sumber cahaya matahari langsung atau dekat dapur. (len/jan/jpg)

Editor : arwan


Close Ads
Begini Cara Melindungi Hewan Peliharaan dari Hawa Panas