alexametrics

Anies Targetkan Bangun 500 Km Jalur Sepeda di Jakarta

30 November 2019, 13:01:27 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan akan terus menambah jalur sepeda di sejumlah ruas jalan ibu kota. Target akhirnya adalah terdapat jalur sepeda sepanjang 500 kilometer. Dengan begitu, diharapkan pengendara sepeda bisa lebih mendapat kenyamanan saat bepergian.

“Jalur sepeda yang sudah dibangun saat ini 63 kilometer, targetnya nanti 500 kilometer yang bisa digunakan. Nah, ini perlu sosialisasi,” kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (30/11).

Anies menyebut proses pembangunan jalur sepeda terus berjalan. Dan, akan diselesaikan secara bertahap guna melengkapi 3 fase jalur sepeda yang sudah dioperasikan.

Di sisi lain, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap kesadaran masyarakat semakin meningkat. Dengan begitu, baik pengendara kendaraan bermotor roda 2 dan 4 atau lebih, serta pengendara sepeda bisa saling menghargai saat di jalan raya.

“Sudah ada rutenya masing-masing, dengan cara itu nanti yang menggunakan sepeda merasa tenang,” jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies berharap masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor mau berpindah ke sepeda. Karena sepeda lebih ramah lingkungan dan tidak menyisakan gas buang.

“Bersepeda itu jangan dipandang alat olahraga saja, tapi alat transportasi. Jadi gunakan sepeda lebih sehat bebas emisi dan ini membuat warga kota lebih berinteraksi,” pungkas Anies.

Seperti diketahui, ada 3 fase jalur sepeda yang dibangun oleh pemprov DKI. Fase pertama yakni meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, dan Jalan Pemuda.

Untuk fase dua dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan RS Fatmawati Raya. Sedangkan fase tiga dari Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads