alexametrics

Malam Takbir Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik dari Jakarta

30 Juli 2020, 11:35:55 WIB

JawaPos.com – Pada momen Idul Adha 2020 diperkirakan akan terjadi gelombang atus mudik ke arah Sumatera dan Jawa. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus mudik dari Jakarta terjadi pada H-1 atau hari ini pada sore nanti hingga malam hari.

“Khusus dalam menghadapi libur idul adha yang jatuh hari Jumat dan kita perkirakan pada hari Kamis sore nanti sudah ada peningkatan arus lalin,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (30/7).

Lonjakan volume lalu lintas ini diperiksa terjadi karena Idul Adha bertepatan dengan libur panjang akhir pekan. Terlebih, pada Idul Fitri lalu, warga tidak bisa mudik maupun berpariwisata akibat ada larangan mudik imbas dari pandemi Covid-19.

“Untuk mudik serta pengamanan pada arus balik Idul Adha pada Minggu siang sampai dengan Minggu malam,” imbuh Sambodo.

Mengantisipasi gelombang arus mudik ini, Sambodo memastikan jajaran Polda Metro Jaya telah siap melakukan pengamanan. Personel segera disebar ke sejumlah titik rawan kepadatan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, penyebaran personel pengamanan mudik akan dilakukan sore nanti.

“Kamis sore akan dilaksanakan giat gelar pasukan khususnya teman-teman dari Ditlantas Polda Metro Jaya. Rencana akan kita laksanakan sekitar pukul 15.00 WIB di Polda Metro Jaya,” sambungnya.

Setelah upacara, seluruh personel akan disebar ke sejumlah lokasi rawan kemacetan. Baik itu di jalan tol, jalur arteri, lokasi-lokasi tempat pemberhentian angkutan umum, hingga lokasi wisata.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads