alexametrics

Musim Hujan, Polisi Ingatkan Pemotor Tidak Berteduh di Kolong Flyover

29 Oktober 2020, 11:17:50 WIB

JawaPos.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meminta kepada pengendara sepeda motor agar tidak berteduh di bawah flyover ketika hujan turun. Sebagaimana diketahui, kolong flyover kerap kali digunakan oleh pemotor saat terjebak hujan di jalan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kerumuman pengendara sepeda motor di kolong flyover kerap kali menimbulkan kemacetan panjang. Sebab, ruas jalan menyempit karena dipakai untuk parkir motor yang berteduh.

“Memang saat ini sudah masuk musim hujan. Banyak titik-titik kemacetan yang terjadi di bawah flyover. Untuk itu kami mengimbau, silakan untuk berteduh dan memakai jas hujannya. Kemudian setelah terpakai, langsung melanjutkan perjalanannya,” kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (29/10).

Oleh karena itu, pengendara diminta memakai kolong flyover hanya untuk memakai jas hujan. Selanjutnya pengendara diminta langsung meneruskan perjalan. Bagi pengendara yang tidak memiliki jas hujan agar mencari tempat berteduh yang aman. Tidak di bawah flyover.

Ketentuan larangan berteduh di bawah flyover sendiri sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintang Angkutan Jalan (LLAJ). “Ada pasalnya, rata-rata di bawah flyover ada rambu dilarang berhenti. Kalau dia berhenti, berarti melanggar rambu Pasal 287. Tapi nanti kami akan lihat lagi bagaimana diskresinya. Tapi intinya, tidak boleh stop di bawah flyover,” pungkas Sambodo.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads