alexametrics

Cegah Klaster Lapas, Polisi Gelar Swab Massal Untuk Tahanan

29 September 2020, 08:42:16 WIB

JawaPos.com – Polda Metro Jaya menggelar tes swab massal untuk 300 tahanan yang berada di rumah tahanan (Rutan). Mereka dites karena akan dilimpahkan ke lembaga pemasyarakatan (Lapas).

Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya AKBP Rahmat mengatakan, dengan pengetesan ini diharapkan semua tahanan dalam keadaan sehat ketika diserahkan ke lapas. Sedangkan bagi yang dinyatakan positif Covid-19, bisa langsung diambil tindakan medis.

“Sebanyak 300 ini tahanan yang berstatus vonis, berstatus A3 dalam proses sudah pindah (ke lapas), karena over kapasitas ini kan sudah 100 persen,” kata Rahmat saat dikonfirmasi, Selasa (29/9).

Dia menyampaikan, tes swab ini dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dokter Kamwil Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya.

Tes swab dipilih karena hasilnya lebih akurat dibanding rapid test. Dengan begitu, adanya klaster Covid-19 di area lapas bisa dihindari.

“Kalau kita rapid-test saja, sampai di sana dibilang positif lalu balik lagi, padahal dia (tahanan) juga tidak apa-apa, di sana padahal ada tempat isolasi,” pungkas Rahmat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads