alexametrics

Tak Terima Disanksi Karena Langgar PSBB, Ojol Bentak-Bentak Satpol PP

28 Juli 2020, 13:48:23 WIB

JawaPos.com – Aksi tidak terpuji dilakukan oleh seorang pengemudi ojek online (onjol) bernama Zaki. Dia memarahi petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta yang hendak memberikan sanksi kepadanya karena tak menggunakan masker di tempat umum.

Peristiwa ini terekam dalam sebuah video pendek. Terlihat dalam video petugas Satpol PP perempuan didampingi beberapa orang petugas tengah memberikan pemahaman kepada Zaki atas kesalahannya. Namun, pelaku berusaha mendebat pernyataan petugas.

Dia berdalih bukan warga setempat, sehingga tidak tahu aturan wajib memakai masker. Padahal sudah jelas kebijakan memakai masker sudah diwajibkan diseluruh wilayah Jakarta sejak pandemi Covid-19 terjadi.

Petugas Satpol PP yang berusaha memberi pemahaman malah dibentak-bentak oleh pengemudi ojol tersebut. Bahkan dalam beberapa kesempatan dia seolah menantang para petugas Satpol PP tersebut. Pelaku tetap ngotot tak mau diberikan sanksi berupa denda atau kerja sosial.

Wakapolres Metro Jakarta Timur, AKBP Stefanus Tamutuan, membenarkan peristiwa dalam video tersebut. Menurutnya peristiwa iti terjadi pada Senin (27/7). Adpaun pelanggaran yang dibuat pelaku yakni tidak menggunakan masker.

“Kejadiannya kemarin siang sekitar pukul 11.00 WIB. Ini kejadiannya di Pasar Embrio Makasar Jalan Kerja Bhakti. Melanggar PSBB yang kedapatan tidak pakai masker tidak terima untuk diberikan sanksi,” katanya kepada, Selasa (28/7).

Stefanus menyampaikan, setelah melalui perdebatan, pengemudi ojol itu kemudian menerima sanksi yang diberikan. Dia diminta petugas untuk kerja sosial seperti sanksi yang tertuang dalam Pergub Nomor 51 Tahun 2020.

“Yang bersangkutan tetap dikenakan sanksi sesuai Pasal 8 Pergub 51 tahun 2020, kedapatan tidak memakai masker di tempat umum. Yang bersangkutan diberikan sanksi kerja sosial selama 1 jam membersihkan jalanan,” jelasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads