alexametrics

InSWA: Masalah Sampah di Kota Besar Seperti Jakarta Sudah Darurat

27 November 2019, 12:29:15 WIB

JawaPos.com – Setiap hari volume sampah yang dihasilkan masyarakat, terutama di kota-kota besar, terus bertambah. Pengelolaan sampah yang cepat dan tepat pun mendesak dilakukan.

“Kegiatan pengelolaan sampah untuk kota-kota besar seperti Jakarta sudah dalam kondisi darurat. Apalagi Jakarta tidak memiliki TPA,” ujar Ketua Indonesia Solid Waste Association (InSWA) Sri Bebassari.

Sri mengatakan, masalah sampah erat berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Sampah yang dikelola baik akan menghasilkan lingkungan yang bersih, sehingga masyarakatnya pun sehat. Jika masyarakat sehat maka anggaran untuk sektor kesehatan juga menjadi berkurang.

Sri mengatakan, biaya pengelolaan sampah memang tidak murah. Makanya, seperti di Singapura atau Jepang, warganya membayar iuran untuk pengelolaan sampah ini.

“Di Singapura, satu rumah tangga membayar sekitar 200 ribu rupiah setiap bulan, maka tidak heran sampah bisa dikelola dengan sangat baik. Hal ini juga bisa diterapkan di kota-kota besar di Indonesia,” jelas Sri.

Sementara itu, jika diolah dengan benar, sampah bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lain seperti kelistrikan, maupun pertanian dan perkebunan. Pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) juga bisa membantu menekan ketergantungan terhadap energi fosil.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Agfi



Close Ads