Pemprov DKI Siapkan 32 Lokasi Alternatif untuk CFD Pekan Ini

25 Juni 2020, 09:52:53 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan kembali meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD), di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin. Sebagai gantinya Pemprov telah menyiapkan 32 lokasi alternatif untuk dijadikan lokasi HBKB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, lokasi tersebut tersebar di 5 wilayah Kota Administrasi. Lokasi alternatif ini disediakan guna mencegah adanya penumpukan warga seperti saat HBKB di Sudirman-Thamrin minggu lalu.

“Apa yang terjadi di HBKB kemarin sudah dievaluasi. Hasilnya, kami akan menyiapkan 32 lokasi untuk menggantikan HBKB yang biasa dilaksanakan di Jalan Sudirman – MH. Thamrin,” ujar Syafrin, Kamis (25/6).

Dari 32 lokasi pengganti tersebut, ada 7 lokasi HBKB wilayah yang ditetapkan dan 25 ruas jalan sebagai tempat berolahraga warga. Nantinya, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengerahkan petugas pengawas dari Dishub Provinsi DKI Jakarta dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta.

“Detail lokasi dan pelaksanaannya akan kami umumkan lebih lanjut. Namun, perlu digarisbawahi, ini adalah kerja bersama. Pemprov DKI melalui Dishub DKI telah menyiapkan alternatif lokasi untuk mengurai kerumunan, masyarakat juga perlu partisipatif untuk tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan meniadakan kembali HBKB di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin. Hal ini dilakukan berdasarkan evaluasi terhadap pembukaan HBKB pada minggu lalu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Arifin mengatakan, HBKB hanya ditiadakan di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin. Nanti, Pemprov berencana nenyediakan lokasi lain untuk kegiatan tersebut.

“Sementara yang ditiadakan itu untuk yang Thanrim-Sudirman. Tetapi mungkin akan ada semacam tempat alternatif lain lah,” kata Arifin saat dihubungi, Rabu (24/6).

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads