Respons NasDem Soal Sodetan Kali Ciliwung Mangkrak di Era Anies

25 Januari 2023, 12:51:44 WIB

JawaPos.com – Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) DPRD DKI Jakarta membela eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal sindiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan proyek Sodetan Kali Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT) dapat kembali berjalan setelah diurus Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Pak Heru emang pelaksanaannya, tapi kan anggarannya kita setujui dari zamannya Pak Anies. Jadi anggaran berjalan ini sudah disusun tahun lalu,” ujar anggota Fraksi Nasdem DPRD DKI Hasan Basri Umar saat dihubungi wartawan, Rabu (25/1).

Ia juga mengatakan bahwa mungkin di era kepemimpinan Anies juga proyek sodetan Kali Ciliwung ini sudah dilaksanakan, hanya saja memang belum selesai.

Basri juga menyebut bahwa sebenarnya tak ada niat Jokowi untuk menyindir-nyindir Anies dalam ucapannya tersebut. Hal itu dianggapnya hanya tafsiran yang dikait-kaitkan karena jelang tahun politik.

“Soalnya ini tahun politik selalu dikaitkan. Yang bikin masalah ini kan orang luar saja, yang orang lihat dari luar. Oh Pak Jokowi dengan Anies, nyatanya Formula E mereka berdua,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi hasil kerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono atas progres yang signifikan soal kelanjutan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur.

“Pembebasan. Tadi saya sampaikan. Dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru saya gak tau pendekatannya apa tapi selesai. makanya saya ke sini tadi karena udah selesai,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (24/1).

Jokowi mengatakan, proyek tersebut diprediksi akan rampung bulan April mendatang. Padahal, proyek tersebut tak sempat tersentuh sejak enam tahun lalu.

“Sebentar lagi akan selesai mungkin April insya Allah sudah selesai Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun,” ungkapnya.

Di era kepemimpinan Anies Baswedan, proyek ini sempat terkendala karena ada masalah pembebasan lahan. Namun, ia tidak menyangka bahwa persoalan tersebut bisa diatasi dengan mudah oleh Heru Budi.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads