alexametrics

Cegah Kerumunan, Crowd Free Night Akan Diterapkan Saat Tahun Baru

24 November 2021, 10:28:17 WIB

JawaPos.com – Polda Metro Jaya mulai mengantisipasi datangnya libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Polda Metro Jaya berencana menerapkan crowd free night (CFN) atau malam bebas kendaraan saat malam tahun baru.

“Seperti malam tahun baru 2020 ke 2021, nanti pergantian malam tahun baru ke 2021 ke 2022 kita juga melakukan hal yang sama,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (24/22).

Sambodo mengatakan, penerapan CFN masih dalam kajian bersama. Namun, jika berkaca pada tahun lalu, CFN akan kembali diberlakukan di kawasan Sudirman-Thamrin.

Khusus tahun ini, CFN kemungkinan akan ditambah di lokasi lain.

“Tidak hanya di Sudirman-Thamrin tapi juga ke tempat-tempat yang sering jadi tempat perayaan tahun baru seperti Taman Mini, di Ancol, di lokasi-lokasi yang sering dijadikan pelaksanaan acara tahun baru akan kita lakukan crowd free night,” jelas Sambodo.

Saat ini teknis penerapan hingga titik yang akan diterapkan crowd free pada malam tahun baru 2021 tengah digodok pihak kepolisian. Sambodo mengatakan kebijakan itu nantinya diharapkan mencegah adanya kenaikan kasus Covid-19 selepas libur Natal dan Tahun Baru.

“Kita jaga setelah libur nataru tidak jadi peningkatan Covid-19 yang signifikan,” pungkas Sambodo.

Diketahui, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah RI memutuskan menetapkan seluruh wilayah di Indonesia berstatus PPKM Level 3 saat momen libur Natal dan Tahun Baru.

Menurut Muhadjir kebijakan ini untuk mengantisipasi gelombang ketiga lonjakan kasus positif Covid-19. Kebijakan ini akan berlangsung mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Keputusan itu dikeluarkan guna memperketat pergerakan masyarakat dan mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru. Dengan demikian, seluruh wilayah Indonesia, baik yang saat ini berstatus PPKM Level 1 dan 2 juga akan menerapkan aturan PPKM Level 3.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads