Ini Alasan Dishub Beri Hibah Rp 75,4 Miliar ke PMJ untuk ETLE

24 Januari 2023, 19:44:39 WIB

JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberi dana hibah sebesar Rp 75,4 miliar untuk penambahan 70 titik ETLE kepada Polda Metro Jaya. Pemberian dana hibah itu disebut demi mendukung jalanan yang lebih tertib di Ibu Kota.

“Kami dari Pemprov DKI Jakarta tentu memandang bahwa ketertiban lalin itu jadi kunci terjadinya paling tidak adalah mengurangi kecelakaan lalin,” ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Selasa (24/1).

Salah satu cara untuk menciptakan ketertiban lalu lintas itu, kata Syafrin adalah dengan cara menerapkan ETLE secara komprehensif di Jakarta.

“Karena masyarakat itu merasa diawasi secara terus-menerus 24 jam dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberikan hibah kepada Polda Metro Jaya untuk pengadaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sebesar Rp 75,4 miliar dalam APBD 2023.

“Untuk tahun ini yang sudah masuk dalam APBD tahun 2023 total adalah Rp 75,4 miliar untuk 70 titik ETLE,” ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa (24/1).

Ia mengatakan bahwa saat ini ETLE eksisting yang ada di Ibu Kota sudah mencapai 57 titik, dengan adanya pemberian hibah itu, ditargetkan ada 127 titik ETLE yang diterapkan di titik-titik Ibu Kota.

“Untuk yang 57 (titik ETLE eksisting) 45 (titik) itu adalah hibah (Dishub) 2019, Rp 38 miliar dan 12 (titik)-nya itu adalah internal Polda Metro,” jelas Syafrin.

Editor : Eko D. Ryandi

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads