alexametrics

Hujan Lebat di Jakarta, BMKG: Status Siaga Banjir

24 Januari 2020, 13:25:29 WIB

JawaPos.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah DKI Jakarta dalam sepekan ke depan akan mengalami hujan dengan intensitas lebat. Kawasan ibu kota masuk ke dalam daerah siaga rawan banjir.

“Status siaga potensi banjir atau genangan pada 24-25 Januari 2020 perlu diwaspadai,” kata Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R. Prabowo dalam keterangannya, Jumat (24/1).

Selain Jakarta, wilayah yang berstatus siaga dari ancaman banjir yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. BMKG mengimbau agar wilayah tersebut mengantisipasi dari ancaman banjir.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ucap Mulyono. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam.

Sebelumnya, BMKG memprakirakan, pada Jumat (24/1) wikayah DKI Jakarta akan diguyur hujan sejak pagi hingga malam hari. Kondisi ini berpotensi terjadi di seluruh wilayah ibu kota.

“Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hingga dini hari,” kata Kepala Bidang Desiminasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Harry Tirto dalam keterangannya.

Harry menyampaikan, pada pagi hari kawasan Jakarta Barat diprediksi hujan lokal, lalu pada siang harinya diperkirakan hujan ringan dan malam hari hujan ringan. Sedangkan, Jakarta Pusat pada pagi hari diperkirakan hujan lokal, pada siang hari diprediksi hujan ringan dan malam hujan sedang.

Sementara itu, di kawasan Jakarta Selatan, pada pagi hari diprediksi berawan, siang hari diprediksi hujan petir dan malam harinya diperkirakan hujan sedang. Untuk wilayah Jakarta Timur diperkirakan pada pagi hari berawan, pada siang hari diprediksi hujan petir dan malam hari cerah hujan petir.

Kemudian, kawasan Jakarta Utara pada pagi hari diprediksikan hujan ringan, siang hari diperkirakan hujan ringan dan malam hari hujan petir. Sementara itu, wilayah Kepulauan Seribu di pagi hari diperkirakan hujan lokal, siang hari diprediksi hujan lokal dan malam harinya diperkirakan hujan ringan.

“Suhu udara di ibu kota mencapai 24 hingga 31 derajat celsius. Sedangka lelembapan udara mencapai 80 hingga 98 persen,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads