Heru Apel Bersama dengan Kapolda dan Kodam Jaya

23 November 2022, 17:12:46 WIB

JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta melakukan kegiatan ramah tamah bersama dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya di Monas, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran perangkat Lurah/Kades, Babinsa, dan Babinkamtibmas yang total kehadirannya lebih dari 1.000 orang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh rekan yang hadir di sini. Para Lurah, Babinsa, dan Babinkamtibmas semua adalah ujung tombak, ujung dalam berinteraksi dengan masyarakat. Tentunya kualitas harus kita tunjukkan dan hari ini bersama jajaran semuanya harus tunjukkan kita adalah solid,” ujarnya, Rabu (23/11).

Heru juga berpesan kepada seluruh jajaran yang hadir untuk terus menjaga kolaborasi dan komunikasi agar selalu memberikan rasa aman kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Pak Kapolda, Pak Pangdam, kedamaian dan aman itu sekali lagi dengan cara kita berkomunikasi. Dengan siapa? Yakni dengan Lurah (Kades), Babinsa, serta Babinkamtibmas, dan juga dengan tokoh masyarakat setempat, baik itu informal maupun yang terstruktur,” ucapnya.

“Jika kita sudah solid, maka tercipta keamanan secara otomatis dan damai. Maka kesejukan itu akan timbul di seluruh lapisan masyarakat,” tambah Heru.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto menambahkan, keberadaan Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan, ekonomi, dan budaya jelas membutuhkan terpenuhinya rasa aman. Rasa aman yang diciptakan oleh unsur tiga pilar tersebut merupakan ujung tombak untuk memberikan pelayanan keamanan bagi seluruh warga.

“Oleh karenanya kita semua berkumpul di sini untuk menyamakan visi kita bersama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Tentu saja tiga pilar punya fungsi penting, yang pertama adalah alat deteksi awal akan adanya ancaman yang ada di wilayah masing-masing. Lalu unsur solutif apabila terjadi masalah-masalah di daerah, mereka yang mengambil keputusan untuk menjamin keamanan di masing-masing daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, dalam menjaga keamanan di masyarakat tergantung dari solidnya unsur internal tiga pilar dari tingkat kelurahan atau desa.

“Kalau perangkat RT/RW-nya, Babinsa, dan Babinkamtibmas kuat, dengan aparat masyarakatnya partisipatif, maka tidak ada yang bisa lawan. Ya, ibarat busur panah itu dia memiliki daya tembus, sehingga semua bisa selesai. Dengan menjaga kolaborasi, Insya Allah semua bisa kita selesaikan secara bersama-sama,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads