alexametrics

Kamera ETLE Sudah Terpasang di 10 Jalan Tol, Ini Lokasinya

23 September 2019, 16:15:52 WIB

JawaPos.com – Penegakan hukum terus dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Selain, di jalanan ibu kota, kini kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) juga telah dipasang di jalan tol. Setidaknya ada 10 titik kamera ETLE yang dipasang di jalan berbayar itu.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M.Nasir mengatakan ada 10 titik di jalan tol yang sudah dipasang kamera ETLE. “ETLE di jalan tol sampai saat ini kita sudah mendapat 10 titik,” ujar Nasir di Mapolda Metro Jaya, Senin (23/9).

Menurut Nasir, saat ini sedang dilakukan uji coba kamera ETLE tersebut. Seperti di Pintu Tol Semanggi dan di Pintu Tol Kuningan. Namun, masih ada kendala kamera dimana kamera masih kurang baik menangkap kendaraan yang melanggar kelebihan muatan. Untuk itu, pihaknya dan pengelola jalan tol dalam hal ini Jasamarga masih melakukan pembenahan teknis.

Sebagai langkah tambahan polisi ternyata juga memasang kamera pada kendaraan yang Patroli Jalan Raya yang ada didalam tol. Kamera yang ada di sana fungsinya sama canggih dengan kamera ETLE.

Program ETLE di Jakarta. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

“Kita juga menambahkan di dalam tol itu ada dua tambahan di luar kamera yang stasioner ada kamera yang portable yang ada dikendaraan dan kamera bodycamp. Nah, itu juga connect langsung ke back office, cuma memang masih dalam pengkajian karena kadang error terkait dengan jaringan,” kata dia.

Ia mengatakan rencananya semua ini akan dilaunching pada tanggal 2 atau 3 Oktober 2019 jika tidak ada kendala. Apabila ada kendala, maka launching terpaksa diundur jadi tanggal 8-10 Oktober. Pihaknya mengaku koordinasi dengan Jasamarga jadi penentu kapan pastinya launching dilakukan.

“10 titik itu di Jalan Tol Cikampek dua arah itu dua kamera, laku berikutnya Tol Jagorawi 2 arah 2 titik. Lalu, 1 di Tol Janger, 1 di Jor, lalu berikutnya Wiyoto Wiyono, Bandara (Sedyatmo), lalu berikutnya 1 di Pintu Gerbang Kuningan 1, dan 1 lagi di Gerbang Semanggi 1,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads