alexametrics

MUI DKI Imbau Warga Tetap Melaksanakan Salat Id di Rumah

22 Mei 2020, 20:16:27 WIB

JawaPos.com – Indonesia masih menetapkan wabah Covid-19 sebagai bencana nasional. Terkait hal itu, masyarakat diimbau untuk tetap melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di rumah. Tak terkecuali dengan warga DKI Jakarta.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan anjuran pelaksanaan salat Id di tengah pandemi Covid-19. Ketua MUI DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar menyatakan, hingga saat ini masih menunjukkan tren kenaikan di Jakarta. Munahar mengimbau warga di DKI Jakarta agar menggelar salat Id di rumah masing-masing.

“Saya berpesan umat Islam mari sama-sama taat ikuti aturan petunjuk yang telah ditentukan baik fatwa MUI Indonesia Nomor 28 tahun 2020 atau ketetapan yang disampaikan (MUI) Pemprov. Kalau daerah itu aman enggak ada wabah maka silakan (salat Id berjamaah) dan itu ditentukan pimpinan di provinsi masing-masing,” kata Munahar dalam keterangannya, Jumat (22/5).

“Sementara Jakarta seperti disampaikan Pak Gubernur, tim ahli, kita mengerti Jakarta belum aman. Karena Jakarta belum aman dan kita harap aman, selanjutnya saya harap umat Islam stay di rumah, ibadah di rumah,” sambungnya.

Munahar menyampaikan, pelaksanaan salat Id di rumah tidak akan mengurangi pahala umat Islam yang memang berniat ingin salat Id secara berjamaah. “InsyaAllah (salat Id di rumah) tidak kurangi nilai pahala kita, yang penting bagaimana niat kita,” ucap Munahar.

Munahar juga meminta agar umat Muslim untuk terus berdoa agar wabah Covid-19 segera hilang. Terlebih sudah ada perkembangan yang baik dengan mulai melandainya penyebaran Covid-19 di Jakarta.

“Jakarta alhamdulillah penyebaran Korona sudah agak landai, tentu kita berharap ini perpanjangan (PSBB) terakhir, mudah-mudahan normal seminggu ke depan,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads