alexametrics

Bima Arya Sebut Wilayah Hulu Sering Tertuduh Penyebab Banjir Jakarta

22 Februari 2021, 07:05:23 WIB

JawaPos.com–Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Bima Arya menyebut, wilayah hulu yakni Bogor sering menjadi tertuduh penyebab banjir di Jakarta. Padahal banyak faktor yang menjadi penyebab banjir di ibu kota negara.

”Aliran air dari hulu memang menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta. Tapi jika tinggi muka air di Bendung Katulampa siaga 1. Pada Sabtu (20/1), tinggi muka air di Bendung Katulampa hanya siaga 3,” kata Bima Arya seperti dilansir dari Antara di Kota Bogor.

Menurut Bima Arya, sebagian lokasi di Jakarta sudah tergenang banjir. Itu artinya volume air di Jakarta sudah tinggi. Bicara hulu, bukan sekadar bicara kiriman air dari Bogor, tapi juga bicara kondisi daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung dari hulu menuju ke hilir di Jakarta.

”Penyebab banjir di Jakarta, di antaranya juga dipengaruhi kondisi DAS Ciliwung ke Jakarta. Banyak dibangun rumah liar, banyak sampah dan limbah, dan terjadi pendangkalan,” terang Bima Arya.

Menurut Bima, dari ekspedisi Ciliwung yang dilakukannya mulai dari Kota Bogor sampai ke Pintu Air Manggarai di Jakarta, November 2020, dia telah berkirim surat kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara




Close Ads