alexametrics

Viral Area SUGBK Dijadikan Tempat Balapan Mobil, Ini Faktanya

21 September 2019, 14:49:08 WIB

JawaPos.com – Warganet tengah ramai membicarakan adanya balapan mobil yang digelar di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Mereka menghujat lantaran kawasan tersebut dianggap sebagai ruang terbuka hijau. Hal ini kemudian viral di media sosial.

Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK-GBK), Winarto angkat bicara soal viralnya video yang berisi satu unit mobil balap di area GBK beberapa hari yang lalu. Winarto menyebut hal itu bukanlah lomba balapan, hanya untuk mengetes kendaraan dan lintasan. “Itu bukan balapan itu tes kecepatan speed test atau apa itu,” kata Winarto, Sabtu (21/9).

Dalam tes itu, pihak pengelola GBK sudah memberikan izin dan kawasan GBK sudah tertutup untuk umum saat dilakukan test speed. “Tentu sudah kita tutup nggak mungkin ada orang siang itu dan sudah berkoordinasi mereka dengan kami. Sekali lagi kita bisa menampung ya kita kasih kesempatan, namanya kita tempat umum nanti kalau kita nggak kasih mereka protes juga kan repot,” pungkas Winarto.

Diizinkan Karena Kerja Sama

Kepala Unit Pengelola SUGBK, Jakarta, Mulyani membenarkan jika dalam waktu dekat akan digelar sebuah event di area SUGBK. Salah satu acaranya yakni kontes balapan mobil. Dia pun mengklaim telah mengantongi izin acara.

“Dari manajemen GBK itu kan kerjasamanya, jadi selama ini sih memang diizinkan. Karena direksi kami kan waktu itu ada jumpa pers kan di Mandiri,” kata Mulyani.

Meski begitu, Mulyani tidak merinci jadwal perlombaan tersebut. Namun, rencananya digelar awal Oktober 2019. “Iya rencana itu (lomba) 5-6 Oktober 2019, tapi kemarin sudah jumpa pers Kamis kalau nggak salah,” tegas Mulyani.

Sebelumya, komunitas lari IndoRunners, Reza Puspo, lewat akun Instagram miliknya @rezapuspo mengunggah video yang berisi mobil balap melaju kencang di area GBK. Postingan itu diunggah pada Jumat (20/9). Dia memprotes adanya kegiatan kendaraan bermotor di area tersebut.

“Hari Kamis 19 Sep 2019 kemarin di Lingkar Stadion Utama GBK ada latihan balap mobil yang menurut saya tidak pada tempatnya. Selain Lingkar tersebut tidak di desain untuk kebutuhan balap mobil, juga tidak sesuai dengan VISI dan MISi (kawasan) Gelora Bung Karno,” tulisnya.

“Menjadi salah satu kawasan olahraga terintegrasi yang modern, ramah lingkungan dan unggul di dunia”. MISI: Melestarikan lingkungan Komplek Gelora Bung Karno sebagai paru-paru kota, sebagai ruang terbuka hijau, dan sebagai objek wisata dan prasarana komunikasi sosial.” tuturnya.

Seperti diketahui dalam waktu dekat terdapat sebuah event besar di GBK, event itu bernama Mandiri Indonesia Senayan Festival (I See Fest) 2019 dimana festival ini merupakan festival terbesar yang berada di luar ruangan selama 27 September hingga 6 Oktober 2019

Area yand dijadikan lokasi festival hampir seluruh kawasan GBK mulai dari Plaza Sudirman, Plaza Timur, Parkir Timur, Plaza Tenggara, Parkir Selatan hingga kawasan Ring Road. Event itu menghadirkan berbagai macam wahana dan section yang beragam, mulai dari outdoor advanture dan GBK Race yang menawarkan serunya balap mobil di dalam area GBK.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads