alexametrics

BMKG: Jabodetabek Masih Berpotensi Hujan Lebat karena Pancaroba

21 Mei 2020, 11:05:06 WIB

JawaPos.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan secara umum wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) masih berpotensi terjadi hujan. Hal ini terjadi karena sedang terjadi masa transisi atau pancaroba jelang musim panas.

“Secara umum untuk wilayah Jabodetabek masih musim hujan periode transisi atau pancaroba. Untuk potensi hujan saat ini kejadiannya antara siang dan menjelang malam hari. Hal ini salah satu ciri atau karakteristik hujan di periode transisi,” kata Kepala Bidang Desiminasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Harry Tirto kepada JawaPos.com, Kamis (21/5).

Harry menuturkan, potensi hujan yang saat ini meningkat disebabkan adanya tambahan aliran masa udara basah (MJO) dari Samudera Hindia Hindia yang masuk wilayah Indonesia. Meskipun level intensitas tidak terlalu tinggi, namun cukup berkontribusi memperkuat faktor labilitas lokalnya.

“Saat ini yan cukup signifikan adanya tambahan dan supplay massa udara basah dari Samudera Hindia sebelah barat Indonesia (MJO). Hal itu yang menambahkan pola-pola lokal yang ada saat ini,” ujar Harry.

Lebih jauh, Harry menyebut saat masa periode transisi pancaroba hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang. “Durasinya singkat lebih banyak dan mendominasi,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads