alexametrics

BMKG Prediksi Sepekan ke Depan DKI Hujan, Anies: Sudah Diantisipasi

21 Februari 2021, 19:12:13 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, sudah mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi dari ancaman hujan dengan intensitas tinggi hingga seminggu ke depan sebagaimana perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dia menyebut, antisipasi itu sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. “Alhamdulillah antisipasi itu udah dilakukan dari kemarin, atas izin Allah satu hari kering, kenapa? karena jajaran dalam posisi siaga,” kata Anies di Jakarta, Minggu (21/2).

Anies mengungkapkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memetakan area rawan banjir. Dia mengklaim, pihaknya selalu siaga dalam menangani ancaman banjir di ibu kota. “Sudah dari awal ditentukan RT/RW yang berisiko (banjir). Sehingga begitu terjadi genangan maka langsung pompa dikerahkan, tenaga dikerahkan, pengawasan dikerahkan,” cetus Anies.

Anies berujar, jika hujan mengguyur ibu kota dengan intensitas tinggi, maka akan menerapkan tiga prinsip antara lain, siaga, tanggap dan galang. “Jadi alhamdulillah satu hari ini sudah terlihat, kejadiannya kemarin dan hari ini Jakarta kembali relatif normal. Apalah 100 persen? belum,” beber Anies.

Sebelumnya, BMKG memperkirakan wilayah DKI Jakarta masih berpotensi hujan dengan intensitas lebat hingga Kamis (25/2) mendatang. BMKG mengimbau, warga tetap waspada terhadap potensi banjir yang dapat terjadi.

“Prediksi kami, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hampir di seluruh wilayah DKI Jakarta, terutama di malam hari, yang dapat menerus hingga dini hari dan esok hari menjelang pagi,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya, Minggu (21/2).

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan




Close Ads