alexametrics

Diperiksa Terkait Meme Joker-Anies, Ade Armando Dicecar 16 Pertanyaan

20 November 2019, 15:10:14 WIB

JawaPos.com – Dosen Universitas Indonesia Ade Armando sudah selesai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kasus meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diedit mirip Joker. Ditemui usai pemeriksaan, dia mengaku dicecar sekitar 16 pertanyaan oleh penyidik.

“Kalau total 16 (pertanyaan). Tapi yang menyangkut secara spesifik tentang tuduhannya bu Fahira (Idris, Red) itu sekitar 6 atau 7 pertanyaan,” kata Ade di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/11).

Dia menerangkan, pertanyaan yang dilemparkan kepadanya hanya seputar asal foto tersebut, bagaimana foto itu bisa berada di telepon genggamnya, siapa pengunggah meme tersebut, dan maksud diunggahnya gambar itu. Ade juga ditanya siapa yang mengelola akun Facebook-nya.

Dia pun menjelaskan meme tersebut didapatnya dari WhatsApp grup. Ada seseorang yang mengirim meme tersebut, kemudian terunduh secara otimatis. Dia mengaku tak tahu pasti siapa orang yang mengirim meme itu.

“Kecuali ada orang langsung kirim ke saya, tapi biasanya dia bilang langsung ke saya,” imbuh Ade.

Atas dasar itu, Ade membantah jika dituduh sebagai pembuat, maupun mengedit foto Anies dengan tampilan Joker. “Saya ambil dari sebuah gambar di galeri kamera saya yang bahkan sudah saya hapus sekarang ini,” tegasnya.

Di sisi lain, Ade menyampaikan, unggahan meme Joker-Anies di akun media sosialnya hanya sebagai lambang kritik atas kinerja Pemprov DKI. Terlebih saat itu sempat ramai mencuatnya anggaran lem aibon yang mencapai Rp 82 miliar ke publik.

“Gambar itu dalam rangka menyindir pak Anies, tapi gambar itu bukan saya yang membuat,” pungkas Ade.

Diberitakan sebelumnya, Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD RI) Fahira Idris melaporkan Ade Armando ke Polda Metro Jaya setelah ia mengunggah meme Anies-Joker di media sosial. Dia menilai telah ada upaya pencamaran nama baik sehingga jalur hukum harus ditempuh.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads