alexametrics

Hari Ini Anies Umumkan Jakarta Sebagai Tuan Rumah Formula E 2020

20 September 2019, 08:01:21 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa angin segar terkait penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Dia mengungkapkan The Federation Internationale de I’Automobile (FIA) akan mengumumkan secara resmi Jakarta menjadi tuan rumah Formula E sore hari ini, Jumat (20/9).

“Insya Allah akan diumumkan bersama (FIA) waktunya (hari ini) kemudian rencana-rencana detail pelaksanaannya,” ujar Anies di Jakarta, Kamis (19/9).

Anies menyampaikan, jajaran FIA sejak hari Rabu (18/9) hingga hari ini sudah berada di Jakarta. Saat ini sedang dilakukan pembahasan final terkait penyelenggaraan Formula E pada 2020 mendatang.

“Kita membicarakan aspek teknis final untuk persiapan pelaksanaan Formula E yang Insya Allah dilaksanakan tahun 2020,” jelasnya.

Sementara itu, terkait polemik yang bergulir, bahwa Formula E tidak membawa keuntungan tidak menjadi masalah berarti bagi Anies. Menurut dia, hal yang wajar ketika gelaran baru, belum memberikan keuntungan. Namun, dia sudah mendengar dari FIA, jika pada musim keenam Formula E ini bisa memberikan keuntungan.

“Sebagai sebuah kegiatan baru, emang di 1 sampai 4 (musim) mereka mengalami yang mereka sebut tidak untung. Sesudah itu mereka mulai untung,” kata Anies.

Bahkan Anies menganalogikannya seperti usaha. Baginya, kalau maish tidak untuk di awal, itu namanya fase pertumbuhan.

“Itu bukan berarti selalu rugi. Sama seperti usaha. Kalau di tahun-tahun pertama anda pasti merasakan belum masuk break even point,” pungkasnya.

Anies menilai, kondisi Formula E tidak bisa dibandingan dengan Formula 1. Sebab, Formula 1 sudah berjalan 70 tahun. Dengan begitu sudah semenstinya mendapat keuntungan besar bagi negara tuan rumah. Sedangkan Formula E baru akan memasuki musim keenamnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui laman facebook resminya memberikan kabar baik baik seluruh rakyatnya. Dia menyampaikan Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi kelas dunia, Formula E.

“Sebuah proses negosiasi dan persuasi yang panjang itu telah menemukan sebuah akhir yang indah. Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020,” ujar Anies, Minggu (15/7).

Hal ini dipastikan Anies selepas menghadiri World Cities Summit di Medellin, Kolombia, langsung terbang ke New York, Amerika Serikat, untuk menuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E. Di situ didapati penilaian bahwa Jakarta lebih dari layak menjadi salah satu tuan rumah balap mobil kelas dunia ini.

Pemprov sudah mengajukan anggaran 20,79 juta poundsterling atau setara Rp 360 miliar sebagai commitment fee. Anggaran ini sudah disetujui oleh DPRD DKI Jakarta dalam APBD Perubahan 2019.

Adapun 22 juta poundsterling atau setara Rp 378,4 miliar yang diajukan untuk biaya penyelenggaran pada 2020. Sedangkan EUR 35 juta atau setara Rp 556,2 miliar untuk asuransi. Dan Rp 600 juta sebagai biaya promosi.

Selain itu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) juga mengajukan dana berupa Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk pembangunan infrastruktur Formula E sebesar Rp 305,2 miliar. Total biaya yang dihabiskan untuk Formula E di Jakarta mencapai Rp 1,6 triliun.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads