alexametrics

Anies: 1.900 Orang Antre Kamar Isolasi, 1.400 Orang Antre Masuk IGD

20 Juli 2021, 16:39:59 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, kondisi rumah sakit saat ini sudah begitu penuh menampung pasien Covid-19. Akibatnya, ribuan pasien antre untuk bisa masuk ke ruang IGD maupun mendapat kamar isolasi.

“Jadi yang mengantre, yang berada di IGD, menunggu bisa masuk kamar itu sekitar 1.900 orang. Lalu yang mengantri untuk bisa masuk IGD ada di lorong-lorong Puskesmas di rumah-rumah itu bisa sampai sekitar 1.400 orang, karena keterbatasan kapasitas rumah sakit,” kata Anies, Selasa (20/7).

Oleh sebab itu, pemerintah berupaya menambah lokasi karantina dan perawatan bagi pasien Covid-19. Di antaranya, Wisma Haji, dan beberapa rusun di wilayah Jakarta.

“Lalu yang dikerjakan adalah pertama menjangkau apabila merasakan gejala memerlukan bantuan bagi yang bersangkutan mohon untuk bisa mengabari kepada ketua RT, RW, Gugus Tugas,” imbuhnya.

Pemprov DKI Jakarta juga telah menugaskan kepada Lurah, dan Camat untuk mengidentifikasi semua orang di wilayahnya yang sedang menjalani isolasi mandiri. Sehingga seluruh kebutuhan pokok dan obat untuk mereka terpenuhi.

Selain itu, para perangkat pemerintah juga harus memastikan fasilitas telemedicine dimanfaatkan oleh masyarakat yang menjalani isolasi mandiri. Dengan begitu, kesehatannya dapat terpantau.

“Kami menugaskan kepada jajaran untuk membantu warga yang tidak bisa menggunakan perangkat digital untuk konsultasi medis karena seluruh konsultasi menggunakan alat digital, sebagian dari masyarakat tidak bisa, nah ada pendampingan untuk bisa membantu itu,” pungkas Anies.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads