alexametrics

Hiasan Bambu Rp 550 Juta Dibongkar, Begini Respons Anies

20 Juli 2019, 09:42:01 WIB

JawaPos.com – Pembongkaran bambu getah-getih di Bundaran Hotel Indonesia (HI) menyisakan perdebatan. Pasalnya dengan menghabiskan anggaran yang sangat besar mencapai Rp 550 juta, hiasan tersebut hanya mampu bertahan 11 bulan dan dibuang begitu saja setelahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dari awal pembuatannya instalasi bambu ini hanya diprediksi bertahan 6 bulan. Sehingga apabila kemudian bertahan sampai 11 bulan, itu bagian dari bonus.

“Dari awal sudah saya garis bawahi bahwa kita menggunakan material lokal bambu. Pada waktu itu malah saya katakan diperkirakan usianya enam bulan,” ujar Anies di Balaikota Jakarta, Jumat (19/7).

Selain itu, hiasan bambu ini juga dibuat dalam rangka menyambut Asian Games 2018 lalu. Bahkan untuk hiasanya lainnya yang diperuntukan guna event tersebut sudah banyak dibongkar. bambu getah-getih ini termasuk yang paling lama.

“Instalasi bambu itu dalam rangka menyambut Asian Games. Bertahan sampai bulan Juli adalah bonus. Yang lain-lain sudah dicopot semua,” tambahnya.

Lahan kosong bekas hiasan bambu yang bakal diganti taman di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (18/7). (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)

Besarnya anggaran yang dikeluarkan pun tak perlu diributkan. Pasalnya uang ini mengalir kepada rakyat kecil. Berbeda halnya ketika membuat hiasan dengan material besi, karena uang akan dinikmati pengusaha besar.

“Kalau ini, justru Rp 550 juta itu diterima siapa? Petani bambu, pengrajin bambu,” imbuh Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku tak akan berhenti membuat hiasan-hiasan berbahan lokal. Seniman-seniman lain akan diundang untuk menunjukkan karya seninya.

“Sama seperti karya-karya seni yang lain kalau mereka mempresentasikan pasti ada durasi waktunya dan durasi waktu itu yang normal saja. Ada yang bisa bertahan satu tahun ada yang bisa bertahan 6 bulan tergantung kebutuhannya,” pungkas Anies.

Sebelumnya, Rangkaian bambu getah-getih yang menghiasi Bundaran Hotel Indonesia (HI) akhirnya diputuskan dibongkar. Pembongkaran dilakukan sejak kemarin malam. Di pagi hari ini nampak tinggal menyisakan lahan kosong, tanpa hiasan apapun diatasnya.

Kabid Pertamanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Fajar Sauri mengatakan, lahan bebas hiasan bambu ini rencananya akan ditata ulang untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH). Dalam waktu dekat sementara akan dijadikan taman.

“Mau ditata ulang. pertama (akan dibuat) taman dulu,” ujar Fajar di Jalan MH Thamrin Jakarta, Kamis (18/7).

Pembongkaran instalasi bambu ini sendiri sudah direncanakan lama. Pertimbangannya karena kondisi bambu yang sudah mulai usang. Sehingga bisa berbahaya bagi warga ketika sewaktu-waktu hiasan ini roboh, terutama karena area tersebut kerap digunakan untuk car free day (CFD) setiap akhir pekan.

“Ini udah pada jatuh kemarin, membahayakan. Khawatir lagi CFD takut yang dekat sini pada selfie tahu-tahu ada bambu (jatuh),” pungkas Fajar.

Diketahui, bambu getah-getih ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 11 bulan silam. Pemilihan ornamen bambu sebagai hiasan dikarenakan bahannya terbuat dari alam, sehingga mudah didaur ulang.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads