alexametrics
Sidang Sengketa Pilpres MK

Lancar, Polisi Tak Lakukan Penutupan Jalan di Sekitar Gedung MK

20 Juni 2019, 16:47:00 WIB

JawaPos.com – Sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pilpres 2019 kembali digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) sejak pukul 13.00 WIB. Aparat kepolisian tidak melakukan penutupan jalan di sekitar Gedung MK.

Pantauan JawaPos.com, kendaraan masih dapat melintasi Jalan Medan Merdeka Barat yang bersinggungan dengan Gedung MK. Penutupan jalan juga tidak dilakukan di Jalan Abdul Moeis.

Aparat kepolisian hanya memasang kawat berduri dan pembatas beton di sekitar Gedung MK. Karena itu, jalur untuk kendaraan bermotor di Jalan Medan Merdeka Barat menjadi dua lajur saja.

Sidang gugatan sengketa Pilpres di MK sendiri telah berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB. Sidang kali ini akan mendengarkan keterangan saksi dari pihak termohon yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Hingga saat ini, sidang masih berjalan dengan agenda mendengar keterangan seorang saksi ahli dari KPU bernama Marsudi Wahyu Kisworo. Marsudi adalah ahli yang berstatus Profesor di bidang Teknologi Informasi.

Tim Kuasa Hukum KPU RI tidak menghadirkan satu pun saksi dalam sidang sengketa Pilpres 2019 hari ini. Padahal, dalam sidang kemarin Tim Kuasa Hukum capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menghadirkan 14 saksi dan dua ahli dalam persidangan.

Sebelum sidang dimulai, Kuasa Hukum KPU Ali Nurdin memang menyebut bahwa pihaknya masih mempertimbangkan berapa saksi yang akan mereka hadirkan dalam persidangan. Dia belum mau membuka nama-nama saksi dan berapa jumlah saksi yang akan diajukan dalam persidangan.

“Sampai saat terakhir, kami masih mempertimbangkan untuk menghadirkan saksi atau tidak. Karena kan prinsip peradilan siapa yang mendalilkan, dia yang harus membuktikan,” kata Ali di gedung MK, Jakarta, Kamis (20/6).

Menurut Ali, prinsip dalam persidangan adalah pembuktian dari pihak yang mendalilkan sesuatu. Karena itu, dia menganggap tak ada masalah jika nantinya pihak KPU tidak menghadirkan saksi di persidangan pada hari ini.

“Yang namanya pembuktian itu, hakim itu memeriksa, mengadili, dan memutus perkara. Dari mana? Pertama, acuannya adalah dalil pemohon dalam gugatan. Itulah yang jadi ruang lingkup pemeriksaan,” tukasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads