alexametrics

Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Bupati Bogor Instruksikan Siaga

20 Januari 2022, 19:53:27 WIB

JawaPos.com–Bupati Bogor sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin menginstruksikan jajarannya siaga varian Omicron. Itu dilakukan setelah ada lonjakan kasus Covid-19 secara tajam dalam dua hari terakhir.

”Kita siapkan strategi, mulai dari upaya pencegahan hingga upaya penanggulangan menghadapi lonjakan kasus Covid-19 ini,” kata Ade Yasin seperti dilansir dari Antara usai memimpin rapat koordinasi kesiapan menghadapi peningkatan kasus Covid-19 di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/1).

Menurut dia, kasus penularan Covid-19 harian di Kabupaten Bogor mengalami peningkatan hingga empat kali lipat pada 18–19 Januari. Yakni menjadi 42 dan 43 kasus, dari sebelumnya hanya berada di angka 2–11 kasus per hari.

Ade Yasin menyebutkan, upaya pencegahan yang disiapkan seperti melakukan percepatan vaksinasi, penguatan satgas, hingga testing dan tracing (pelacakan) kasus Covid-19. Selain itu, satgas juga memastikan kesiapan tempat isolasi terpadu (isoter), rumah sakit, puskesmas, hingga mengoptimalkan kembali layanan kedaruratan di tingkat desa.

”Ini sebagai upaya penanggulangan terjadinya gelombang ketiga penularan Covid-19,” ujar Ade Yasin.

Dia menjelaskan, lonjakan kasus Covid-19 pada dua hari terakhir itu didominasi masyarakat ber-KTP Kabupaten Bogor yang berdomisili di daerah lain. Namun kasusnya tercatat di Kabupaten Bogor sesuai yang direkam sistem New All Record (NAR).

Bupati menyebutkan, dari seluruh kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor, baru satu yang terdeteksi sebagai varian Omicron. Yakni diderita warga asal Kecamatan Dramaga pada 6 Januari. ”Saat ini sudah dinyatakan negative,” ucap Ade Yasin.

”Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 sejak 4 Januari,” tambah Ade Yasin.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: