alexametrics

IKN Nusantara Ditetapkan, Persiapkan DKI Jakarta Jadi Pusat Bisnis

19 Januari 2022, 15:04:39 WIB

JawaPos.com – Pemerintah telah menetapkan Nusantara sebagai nama ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Ke depannya, nasib daerah khusus ibu kota (DKI) Jakarta diharapkan mulai dipersiapkan sebagai daerah pusat bisnis.

Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad mengatakan, setelah UU IKN disahkan, pemerintah agar lebih serius menyiapkan DKI Jakarta sebagai daerah khusus ekonomi, pusat bisnis, dan keuangan.

“Jakarta merupakan sejarah terbentuknya republik ini. Sang proklamator Soekarno-Hatta memproklamirkan Republik ini di tanah Jakarta. Tujuh presiden RI dilantik dan disumpah di Jakarta,” ujar Kamrussamad kepadaa JawaPos.com, Rabu (19/1).

Menurut politikus Partai Gerindra itu, untuk mewujudkan DKI Jakarta sebagai pusat bisnis dan ekonomi tidak begitu berat. Pasalnya DKI Jakarta sudah memiliki infrasktur ekonomi dan keuangan yang memadai. Ditambah pula jumlah penduduknya 10,96 juta Penduduk jiwa.

“Tentu warga Jakarta mengharapkan kehidupan yang lebih baik,” imbuh legislator asal Dapil DKI Jakarta III itu.

Kamrussamad menyebut, penduduk asli Jakarta sejak zaman Sunda kelapa, Batavia, Djayakarta, serta kaum urban, mereka sudah tinggal puluhan tahun di ibu kota. Selama ini ekonomi berjalan dengan baik. Pasalnya ada beragam dukungan infrastrutkur. Mulai dari bandara, stasiun, dan terminal. “Mereka khawatir jika ibu kota negara pindah, apakah semua itu masih akan ramai dikunjungi?” ungkapnya menirukan kegelisahan warga.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini: