alexametrics

Seluruh Wilayah di Kabupaten Bogor Berstatus Zona Merah Covid-19

19 Januari 2021, 11:19:37 WIB

JawaPos.com–Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat menetapkan seluruh kecamatan di wilayah itu sebagai zona merah penularan virus korona.

”Semua kecamatan zona merah. Patuhi protokol kesehatan, biasakan hidup bersih,” ungkap Bupati Bogor Ade Yasin selaku ketua Satgas Penanganan Covid-19 seperti dilansir dari Antara di Cibinong, Selasa (19/1).

Sejak 16 Januari, dua kecamatan yang masih berstatus zona oranye, yakni Rumpin dan Tenjo satu per satu berganti status menjadi zona merah. Hal itu seiring ada warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasalnya, sejak tiga hari terakhir penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor terbilang tinggi. Yakni, mencapai 97 kasus baru per hari. Berbeda dengan yang terjadi pada 2020 yang penambahan per hari hanya sekitar 30 hingga 50 kasus.

Hingga Senin (18/1) malam, lanjut Ade Yasin, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor mencatat ada 6.753 kasus Covid-19, sebanyak 5.773 kasus sembuh, 79 kasus meninggal dunia, dan 895 kasus berstatus masih aktif.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Irwan Purnawan menyebutkan, meski seluruh kecamatan berstatus zona merah, tapi Satgas Covid-19 nasional masih mencatat Kabupaten Bogor sebagai zona oranye penularan Covid-19.

”Beda metodologinya. Kalau kami menetapkan zona merah berdasar ada warga di kecamatan tersebut yang aktif positif Covid-19. Sedangkan satgas nasional, berdasar banyak faktor. Salah satunya dengan perbandingan jumlah penduduk,” terang Irwan yang juga menjabat kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor itu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara




Close Ads