alexametrics

Polisi Buka Opsi Terapkan Ganjil-Genap di Ragunan dan Setu Babakan

18 September 2021, 19:39:36 WIB

JawaPos.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menerapkan ganjil genap (gage) di kawasan wisata. Pada tahap awal ini, hanya 2 lokasi yang dipilih. Yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, untuk tempat wisata lain juga berpotensi menerapkan sistem yang sama. Namun, sampai saat ini baru TMII dan Ancol yang sudah beroperasi lagi menerima wisatawan.

“Misalnya Ragunan sudah mulai buka tentu nanti kita buatkan di Ragunan ada Setu Babakan tempat wisata lainnya yang buka ini yang kemudian akan kita laksankan gage juga,” kata Sambodo di Polda MetroJaya, Jakarta, Sabtu (18/9).

Penerapan gage di lokasi wisata juga bergantung pDa status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan oleh pemerintah.

“Aturan-aturan gage ini kan sifatnya situational tergantung nanti dari level daripada PPKM apakah level 3 atau level 2 atau tergantung juga nanti sama-sama level 3 tapi ada aturan aturan yang mengatur tentang PPKM tersebut kalau memang nanti aturannya berubah ya nanti bisa saja nanti kebijakan ini berubah,” imbuh Sambodo.

Sebelumnya, petunjuk uji coba protokol kesehatan (prokes) untuk pembukaan tempat wisata akhirnya resmi dikeluarkan pemerintah. Itulah yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM di Jawa-Bali.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads